Donat lezat yang manis dan berlemak dengan buah apel yang dikonfirmasi dapat mencegah kanker. Menurut saran para ahli, sebaiknya kurangi makanan berlemak tinggi, sebaliknya perbanyak konsumsi sayur-mayur dan buah-buahan alami. (Fotolia)

Kebiasaan atau gaya hidup sehat dapat mengurangi secara drastis risiko terserang kanker. Sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa penyebab utama kanker bukan karena gen, namun, 90% kasus penyakit kanker itu bisa dihindari melalui kebiasaan atau gaya hidup yang sehat.

Hasil penelitian American Cancer Research Center di Stony Brook University menyebutkan, bahwa sekitar 90% dari kanker yang umum ditemui itu disebabkan oleh faktor eksternal, misalnya polusi lingkungan, radiasi ultraviolet dan stres, selain itu juga disebabkan oleh diet, kurang olahraga dan gaya hidup yang tidak sehat, bukan karena dipicu oleh mutasi sel kanker di dalam tubuh individu. Hasil penelitian tersebut dipublikasikan dalam jurnal “Nature” edisi terbaru.

Yang ingin diketahui tim peneliti tersebut adalah, seberapa besar risiko kesehatan itu ditentukan oleh nasib ? Dan berapa banyak yang bisa kita kendalikan ? Agar di saat kita menghadapi suatu penyakit, tidak lagi secara membabi buta menyalahkan gen. Karena rasio terjadinya kanker itu terlalu tinggi, tidak dapat dijelaskan hanya karena mutasi yang disebabkan pembelahan sel saja.

Kebiasaan buruk menyebabkan seseorang lebih rentan terserang kanker

Dokter Smith yang memublikasikan hasil penelitian tersebut mengatakan, kebiasaan sehat yang umum diketahui, misalnya tidak merokok, tidak minum minuman keras, menjaga berat badan yang ideal, makan/minum seimbang dan kebiasaan sehat lainnya itu memang bisa mengurangi risiko terserang kanker.

Sebuah penelitian lain dari profesor Robert di Department of Pathology and Immunology at the Washington University School of Medicine menemukan, bahwa beberapa kebiasaan buruk yang berlangsung selama 10 tahun, maka Anda akan menjadi “kandidat kanker”. Kita tahu bahwa banyak penyakit kronis, penyakit peradaban, geriatrik (penyakit lanjut usia) dan sebagainya itu semua bersumber dari makanan dan kebiasaan hidup sehari-hari.

Suka minuman panas, tidak suka makan sayuran atau buah-buahan, selalu menahan tinja, begadang, duduk lama tanpa sesekali menggerak-gerakkan badan dan kebiasaan buruk lainnya ini bisa menyebabkan seseorang lebih rentan terserang kanker. Tubuh manusia terdiri atas 60 – 100 triliun sel, sebaiknya perlakukanlah mereka (sel) dengan baik (biasakan hidup sehat), dengan begitu baru dapat mengurangi kemungkinan mereka berkembang menjadi sel kanker yang akan menggerogoti sepanjang hidup anda. (Jhn/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular