Logo Asian Games ke-18 (Istimewa)

JAKARTA – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla secara resmi meluncurkan Maskot dan Logo Asian ke-18 Tahun 2018 di Komplek Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Minggu (27/12/2015). Seluit Burung Cendrawasih diresmikan sebagai masko da logo pada perhelatan yang akan digelar di Jakarta dan Palembang, 18 Agustus-2 September 2018.

Pada kesempatan tersebut, Wapres Jusuf Kalla berharap semua kepala daerah di Indonesia untuk bersama-sama turut mempromosikan perhelatan olaharga terbesar di benua Asia tersebut. Wapres Kalla mengingatkan pada 1962 silam, Indonesia pernah menjadi tuan rumah dan kini ivent internasional tersebut kembali hadir.

“Pesta olahraga terbesar di Asia ini harus mendapat perhatian kita semua dalam dua hal penting yakni penyelenggaraannya dan prestasi olahraga,” katanya.

Wapres berharap perhelatan Asian Games diharapkan tidak hanya sekedar untuk proyek pemerintah yang diminta diselesaikan sesuai jadwal. Meski demikian, hal yang lebih penting adalah partisipasi seluruh masyarakat Indonesia untuk mensukseskan baik penyelenggaraannya lebih-lebih prestasi olahraganya.

Menurut Wapres, jika tanpa prestasi penyelenggaraan ini akan hambar apalagi di dunia hanya dengan dua cara Merah Putih berkibar yakni saat Kepala Negara datang dalam rangka tamu negara dan saat atlet memenangkan pertandingan internasional. Wapres mengingatkan, bendera hanya satu kali dinaikkan apabila Presiden datang tetapi apabila atlet meraih 30 emas, maka 30 kali bendera akan dinaikkan.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrowi mengatakan Indonesia yang menjadi tuan rumah merupakan yang kedualinya, setelah sebelumnya menjadi tuan rumah Asian Games ke-4 pada 1962. Ia menyatakan pemerintah berkomitmen agar penyelenggaran AG ke-18/2018 berlangsung baik dan sukses yakni penyelenggaraan, prestasi, administrasi dan sukses pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Menurut dia, road to AG akan dijadikan sebagai momentum memacu semangat panitia dan seluruh kementerian/lembaga terkait untuk menguatkan tekad dan mempertajam program menuju AG 2018. Oleh karena itu, pembangunan wisma atet diharapkan bisa diselesaikan secepat mungkin. Sedangkan prestasi, Indonesia diharapkan dapat masuk dalam rangking 10 besar.

Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggara Asian Games ke-18/2018 pada 18 Agustus- 2 September 2018. Sebanyak 38 cabang olahraga akan dipertandingkan pada dua kota, yaitu Jakarta dan Palembang. (asr)

Share

Video Popular