Hampir semua orang tahu bahwa untuk menjaga kesehatan yang optimal, kita membutuhkan jumlah vitamin yang cukup setiap hari, tetapi banyak orang masih asing dengan fungsi masing-masing vitamin yang ada dalam tubuh manusia.

Artikel berikut akan memberi Anda gambaran umum dari peran utama setiap vitamin yang ada dalam tubuh dan sumber terbaik dari makanan untuk mendapatkannya.

Vitamin A(retinol). Vitamin yang larut dalam lemak, yang berarti bahwa itu disimpan dalam hati dan jaringan lemak, dan tersimpan dalam tubuh lebih lama dari vitamin yang larut dalam air. Vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata dan kulit, dan terlibat dalam pertumbuhan dan reproduksi sel. Sumber makanan terbaik vitamin A adalah ikan dan hati. Beta karoten cikal bakal vitamin A, dapat ditemukan dalam jumlah yang tinggi dalam wortel dan sayuran hijau gelap.

Vitamin B1 (tiamin).Vitamin yang larut dalam air, yang berarti tidak mudah disimpan dalam tubuh. Karena vitamin larut dalam air dikeluarkan dari tubuh setiap hari mereka harus diambil secara teratur untuk kesehatan yang optimal. Fungsi utama tiamin dalam tubuh adalah untuk membantu metabolisme karbohidrat menjadi energi yang dapat digunakan. Sumber makanan terbaik tiamin adalah biji-bijian.

Vitamin B2 (riboflavin). Vitamin B yang larut dalam air, yang terlibat dalam proses metabolisme penting dalam tubuh dan diperlukan untuk fungsi normalnya sel, pertumbuhan, dan produksi energi. Sumber terbaik dari riboflavin adalah daging, ikan, produk susu dan telur.

Vitamin B3 (niacin / niacinamide). Terlibat dalam oksidasi asam lemak, produksi energi dan perbaikan jaringan. Sumber makanan terbaik niacin dan niacinamide adalah daging, kacang-kacangan, biji-bijian dan ikan.

Vitamin B5 (asam pantotenat). Vitamin yang larut dalam air yang diperlukan untuk metabolisme protein, karbohidrat dan lemak. Sumber makanan terbaik asam pantotenat adalah daging, hati, ginjal, ikan, ayam, telur dan susu.

Vitamin B6 (pyroxidine). Sangat penting untuk semua tahap metabolisme asam amino dan terlibat dalam metabolisme karbohidrat dan lemak. Vitamin B6 juga berperan dalam sintesis berbagai neurotransmiter di otak. Sumber makanan terbaik vitamin B6 adalah gandum kuman, ayam, ikan dan telur.

Viatmin B7 (biotin). Terlibat dalam metabolisme asam lemak dan asam amino rantai cabang (BCAA), pertumbuhan dan perkembangan kulit dan rambut. Kebutuhan biotin sangat kecil dan dapat ditemukan dalam sebagian besar makanan, tapi beberapa sumber yang lebih baik hati dan kuning telur.

Vitamin B9 (asam folat / asam folat). Adalah vitamin yang larut dalam air, membantu tubuh membuat sel-sel baru yang sehat, dan juga memiliki peran dalam mengatur aliran darah dalam tubuh. Wanita mengonsumsi folat sebelum dan selama kehamilan untuk membantu mencegah cacat lahir. Sumber terbaik asam folat adalah sayuran berdaun hijau gelap dan kacang-kacangan.

Vitamin B12 (cyanocobalamin). Vitamin yang larut dalam air yang membantu memertahankan kesehatan sel saraf dan sel darah merah. Vitamin B12 juga dibutuhkan untuk membuat DNA, yang merupakan bahan genetik yang membuat semua sel. Sumber makanan terbaik vitamin B12 adalah hati, daging sapi dan ikan.

Vitamin C (asam askorbat). Mungkin adalah vitamin yang larut dalam air yang paling banyak digunakan. Vitamin C memainkan peran penting dalam tubuh manusia, namun paling dikenal untuk kekuatan antioksidan dan efek positif pada sistem kekebalan tubuh. Sumber makanan terbaik vitamin C adalah paprika merah, ceri, dan berbagai buah jeruk.

Vitamin D (cholecaliferol). Vitamin yang larut dalam lemak dan sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan keseimbangan mineral dalam tubuh. Ketika sinar ultraviolet dari sinar Matahari mencapai kulit Anda, mereka memicu tubuh Anda untuk mensintesis vitamin D. Sangat sedikit makanan yang secara alami mengandung jumlah tinggi vitamin D, namun, banyak makanan yang kini telah diperkuat dengan vitain D.

Vitamin E (d-alpha-tocopherol). Adalah vitamin yang larut dalam lemak yang terkenal karena sifat antioksidan. Meskipun ada 8 macam bentuk vitamin E, namun bentuk alpha-tocopherol adalah satu-satunya yang diakui untuk memenuhi kebutuhan manusia. Beberapa sumber makanan terbaik dari vitamin E adalah benih gandum, almond, biji bunga matahari, hazelnut dan bayam.

Vitamin K (phylloquinone). Vitamin yang larut dalam lemak dan dikenal sebagai vitamin untuk pembekuan darah. Jika tubuh Anda kekurangan vitamin K maka darh akan sulit membeku. Sumber makanan terbaik vitamin K adalah kubis, kembang kol, bayam dan sayuran berdaun hijau gelap lainnya.

Meskipun Anda dapat mengonsumsi suplemen multivitamin setiap hari dan merasa puas bahwa Anda telah memenuhi persyaratan asupan vitamin harian Anda, tapi tidak ada yang bisa menandingi manfaat yang didapatkan dari makanan alami. Vitamin ditemukan dalam makanan alami terkait dengan banyak molekul alami lain yang meningkatkan penyerapan dan efek mereka. Ketika vitamin terisolasi dan digunakan dalam suplemen membuat penyerapan dan efek fisiologis berkurang. Jadi, ketika memilih suplemen multivitamin gunakan yang bersumber dari makanan alami secara keseluruhan untuk memastikan penyerapan maksimum dan manfaatnya.( Epochtimes)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular