Demi menurunkan berat badan, dan mempertahankan bentuk tubuh yang ideal, orang-orang zaman sekarang menggunakan segala cara.(fotolia)

Demi menurunkan berat badan dan menjaga bentuk tubuh tetap ideal, orang-orang sekarang menggunakan berbagai cara. Sekarang ada satu jenis teknologi canggih berupa balon berukuran kecil yang dapat terisi penuh setelah berada di dalam perut manusia, lalu hilang selang empat bulan kemudian, barangkali ini dapat membantu menyingkirkan daging dan melawan kegemukan.

Balon perut model baru seperti dilansir “Daily Mail”Inggris ini, baru dilegalkan penggunaannya di Inggris, terutama digunakan untuk membantu mereka yang masih tidak bisa menurunkan berat badan melalui diet normal.

Balon perut ini tidak sama dengan produk sejenis yang beredar saat ini, tidak perlu operasi untuk menanamkannya ke dalam perut, tapi cukup menelan satu kapsul kecil, di dalam kapsul terdapat sebuah balon Elipse yang belum diisi. Balon ini terbuat dari selaput polimer yang halus.

Dokter akan menggunakan tabung tipis panjang yang dimasukkan melalui mulut, dan memompa udara melalui tabung, setelah itu tabung akan ditarik dan balon menutup sendiri sehingga tidak mengempis. Prosedur ini hanya membutuhkan waktu 5 menit dan pasien tidak perlu dibius.

Balon yang dipenuhi air itu menempati sebagian besar area perut untuk mengurangi nafsu makan, sehingga bisa berpeluang menyingkirkan daging. Sekitar empat bulan kemudian, katup pada lapisan polimer akan terbuka, dan balon akan mengempis, lalu dibuang melalui sistem pencernaan, dan dengan demikian bagi mereka yang kegemukan bisa kembali menyerap asupan kalori yang normal.

Balon Elipse dikembangkan oleh Allurion Technologies asal Amerika, dan beberapa waktu lalu baru disetujui pemasarannya di Inggris dan Eropa. Dan kecil kemungkinannya akan digunakan The National Health Service (NHS) Inggris, tapi, bisa jadi akan digunakan oleh pusat klinik pelangsingan tubuh milik swasta.

Profesor Mike Lean, pakar gizi di Glasgow University, Skotlandia, memaparkan bahwa cara ini dapat membantu orang-orang tertentu menurunkan berat badannya sementara. Namun ia memperingatkan bahwa ini bukan solusi permanen. Balon ini dipastikan bisa membantu orang-orang tertentu menurunkan berat badannya dalam jangka pendek, namun, tidak ada khasiat apa pun untuk jangka panjang.

Begitu disingkirkan atau dikeluarkan bersama dengan kotoran, maka tidak akan ada efek apa pun, kecuali penderita obesitas punya strategi jangka panjang untuk menjaga berat badan, kalau tidak masih akan gemuk kembali. (Jhn/Yant)

Share

Video Popular