Sebuah studi baru menyebutkan bahwa ada 12 jenis kanker disebabkan karena mutasi genetik. (American Cancer Society / Getty Images)

Kanker masih sebagai penyakit yang tak tersembuhkan di era modern, profesi dari dunia medis dan peneliti lain terus berupaya menemukan metode pengobatan dan faktor penyebabnya. Baru-baru ini, sebuah studi baru menyebutkan bahwa ada 12 jenis kanker disebabkan oleh mutasi genetik. Selain itu, studi terkait juga menemukan bahwa “Angelina Jolie gene” tidak hanya meningkatkan risiko kanker payudara, kanker ovarium, tetapi juga dapat menyebabkan kanker perut atau kanker prostate dan jenis kanker lainnya.

Peneliti dari University of Washington menemukan bahwa 12 jenis kanker yang berhubungan dengan gen turunan itu meliputi ; kanker ovarium, kanker perut, kanker payudara, kanker prostat, kanker paru-paru, glioma, kanker kepala dan leher, kanker endometrium, kanker ginjal, glioblastoma dan leukemia myeloid akut.

Penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa penyakit di bagian kepala, leher, rahim, ginjal, dan penyakit sumsum tulang juga akan diturunkan dari generasi ke generasi.

Secara umum, kita sudah tahu bahwa kanker ovarium dan kanker payudara memiliki sifat turunan yang signifikan, sementara kanker lainnya seperti leukemia myeloid akut dan kanker paru-paru itu jauh lebih kecilnya kaitannya dengan faktor genetik, ungkap salah seorang peneliti, Li Ding, dari The Genome Institute, Washington University, AS.

Para peneliti telah menganalisis lebih dari 4,000 gen penderita kanker yang dimasukkan ke dalam “proyek pemetaan genom manusia” (The Cancer Genome Atlas project-TCG). Peneliti Li Ding memaparkan, “Karena kita sekarang tahu bahwa mutasi gen pada leukemia juga dapat diubah pada kanker payudara. Selain itu, kesalahan genetik dalam kanker paru-paru juga dapat muncul dalam kanker usus besar. Oleh sebab itu, kami merasa dibuatnya sebuah tes diagnostik yang mencakup semua gen kanker akan sangat ideal. Ini akan memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang apa yang terjadi di dalam tumor dan informasi lain untuk membuat keputusan pengobatan yang tepat.”

Jika ditemukan variasi genetik pada germ line itu menjalar di dalam tumor, ini berarti variasi genetik tersebut berhubungan dengan serangan kanker, dan dapat diturunkan orang tua kepada anak-anaknya, ujar peneliti menambahkan.

Aktris Hollywood Angelina Jolie melakukan pengangkatan kedua payudara atau mastektomi ganda demi mengurangi risiko terkena kanker payudara, sebagaimana diketahui BRCA1 dan BRCA2 adalah gen yang berhubungan dengan kanker payudara atau kanker ovarium, dan oleh kalangan luar dijuluki sebagai “Angelina Jolie gene” atau “gen Angelina Jolie”. Li Ding dan peneliti lainnya juga menemukan bahwa gen tersebut juga berperan penting dalam hal kanker perut dan kanker prostate, bahkan tidak tertutup kemungkinan juga akan berdampak pada kanker lainnya.(Jhn/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular