Keterangan foto: Salah seorang pemimpin IS bernama Charaffe al Mouadan telah tewas dalam serangan udara pada malam Natal. Gambar anggota militer yang sedang berjaga-jaga di Paris pada 24 November 2015. (Emmanuel Dunand/AFP)

Pentagon pada Selasa (29/12/2015) mengumumkan bahwa seorang pemimpin Islamic State yang terlibat serangan teror di Paris, November lalu telah tewas dalam serangan udara di Suriah pada malam Natal.

USA Today memberitakan, juru bicara militer AS yang ditempatkan di Baghdad, Steve Warren membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan bahwa salah seorang pemimpin IS bernama Charaffe al Mouadan telah tewas dalam serangan udara pada malam Natal. Charaffe memiliki hubungan langsung dengan Abdelhmid Abaaoud, salah satu pemimpin IS yang merancang serangan teror di Paris pada 13 November 2015 lalu.

Steve Warren mengumumkan bahwa sejak 7 Desember, 10 orang pemimpin senior IS tewas dalam serangan udara. Di antaranya termasuk mereka yang mencoba untuk melakukan serangan teror di Eropa dan Amerika.

Steve menolak untuk memberitahu jenis pesawat yang digunakan dalam serangan udara yang menewaskan Charaffe al Mouadan. Ia hanya mengatakan bahwa banyak anggota IS yang tewas karena serangan rudal yang diluncurkan dari pesawat tanpa awak.

“Sampai anggota IS itu melakukan serangan eksternal, militer AS akan memburu dan membunuh mereka,” kata Steve. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular