Keterangan gambar: Suku Huli Wigmen yang hidup di Papua New Guinea. (foto Wikipedia)

Oleh Xu Jiadong

Menurut Daily Telegraph bahwa ada sekitar 7.000 bahasa yang dipakai di antara 7 miliar penduduk dunia. Tidak semua bahasa itu terseluruh ke seluruh, dunia, tetapi Asia dan Afrika memiliki bahasa yang paling beragam bila dibandingkan dengan benua lainnya.

Ada bahasa yang mungkin hanya digunakan untuk berkomunikasi di antara kurang dari 36 orang. Misalnya negara pulau jajahan Inggris di Pasifik Selatan, Pitcaim memiliki 2 bahasa, tetapi penduduk Negara itu hanya 36 orang.

Papua New Guinea adalah Negara yang memiliki bahasa paling banyak di dunia, mereka memiliki 839 ragam bahasa (living languages) yang digunakan untuk berkomunikasi dalam kehidupan. Angka itu adalah 3 kali lebih banyak dari total bahasa yang digunakan di benua Eropa. Sebagai akibat dari keragaman budaya suku bangsa, 839 bahasa itu adalah bahasa aborigin.

Menurut direktori ‘Ethnologue’ yang mendata seluruh bahasa dunia bahwa, Indonesia dan Nigeria adalah negara-negara yang membuntuti PNG dalam keanekaragaman bahasa. Secara keseluruhan, Indonesia dan Nigeria menyumbang 29% dari jumlah bahasa dunia.

Living languages yang didefinisikan oleh Ethnologue adalah ragam bahasa yang digunakan oleh sedikitnya satu orang dan dipakai sebagai bahasa pertama mereka.

Orang-orang Tiongkok menggunakan kira-kira 300 macam bahasa, yang menduduki peringkat ke 6 dalam dafar bahasa yang paling banyak digunakan orang. Amerika di peringkat 6 dengan ragamnya yang 422. Inggris hanya memiliki 56 ragam bahasa yang terdiri dari 13 macam bahasa aborigin dan 43 bahasa pendatang / imigran.

Asia memiliki paling banyak ragam yang jumlahnya mencapai 2.301 bahasa ‘living languages’. Ini juga diakibatkan oleh 60 % penduduk dunia berada di Asia.

Benua Afrika memiliki 2.318 macam ‘living languages’, benua Amerika 1.064. meskipun penduduk benua Eropa mencapai 26 % dari total dunia, tetapi mereka hanya memiliki 286 macam ‘living languages’.

Meskipun kepulauan di Lautan Pasifik memiliki hanya 0.1 % dari penduduk dunia, tetapi mereka memiliki keragaman bahasa yang yang luar biasa banyaknya. Tercatat ada 1.313 macam bahasa. 50 negara dunia termasuk PNG, Indonesia dan Maroko, 100 % menggunakan bahasa asli mereka. (Secretchina/Sinatra/rmat)

Share

Video Popular