Bayi tidak bisa mengonsumsi segala jenis makanan. Mereka tidak memiliki kemampuan untuk mencerna makanan tertentu. Oleh karena itu, sangat disarankan orangtua sebaiknya hanya memberikan beberapa jenis makanan tertentu saja, yang dapat meningkatkan kesehatan mereka serta tidak menimbulkan efek buruk pada tubuh mereka.

Kelalaian oleh orangtua dapat membahayakan kesehatan bayi dan dapat menyebabkan dampak negatif pada kesehatan bayi. Bayi di bawah usia 1 tahun harus benar-benar bergantung pada susu ibu, karena menyediakan makanan lengkap. Makanan padat tidak harus diperkenalkan kepada bayi yang berada di bawah usia 6 bulan.

Berikut beberapa jenis makanan yang harus dihindari untuk diberikan pada bayi

Garam

Asupan garam yang berlebihan dapat membahayakan kesehatan ginjal bayi. Ginjal bayi tidak memiliki proses pencernaan yang lebih lengkap, untuk mencerna garam. Dalam beberapa kasus, bahkan dapat menyebabkan kerusakan pada otak bayi. Oleh karena itu, Anda disarankan sebaiknya memberrikan garam pada makanan bayi, dalam batas yang normal saja.

Gula

Terlalu banyak asupan gula pada makanan bayi, dapat menyebabkan kerusakan gigi bayi. Kerusakan gigi bayi dapat dicegah dengan menghindari buah-buahan, permen dan salad yang mengandung terlalu banyak gula. Oleh karena itu, hindari pemberian permen dan makanan penutup yang kaya kadar gula tertentu pada bayi Anda.

Madu

Madu dapat berakibat buruk pada bayi. Hal ini terkait dengan botulisme (dimana terjadi pertumbuhan bakteri Clostridium botulinum di usus halus bayi). Juga dapat menyebabkan bayi mudah lesu, kurang nafsu makan dan sembelit.

Kacang dan telur

Kacang dan telur jangan diberikan pada bayi, karena dapat menyebabkan bayi tersedak, sehingga sulit bagi mereka untuk bernapas. Bayi di bawah usia 6 bulan juga memiliki kesulitan dalam mencerna telur. Oleh karena itu, telur dan kacang-kacangan harus benar-benar dihindari untuk bayi di bawah usia 1 tahun.

Susu sapi

Susu sapi tidak baik untuk anak-anak kecil karena mereka tidak memiliki kemampuan untuk mencerna lemak yang ada dalam susu sapi. Ketika dikonsumsi, dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada perut bayi. Oleh karena itu, yang terbaik adalah memberi bayi dengan ASI sampai usia 1 tahun.(Anai)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular