Kita dapat meningkatkan bakteri ramah dalam tubuh kita dengan hanya menambahkan makanan tertentu untuk diet kita, seperti yoghurt, buttermilk, kefir, miso, tempe, sauerkraut dan makanan fermentasi lainnya. (Mariha-dapur / iStock)

Penambahan probiotik dalam makanan seperti jus jeruk, roti, susu, es krim dan bahkan cokelat hanya bagian dari cara iklan untuk menjual produk mereka. Namun, probiotik sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat dan merupakan faktor penting untuk kesehatan yang baik secara keseluruhan.

Apa probiotik dan mengapa mereka begitu penting bagi kita? Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), probiotik adalah “mikroorganisme hidup yang bila diberikan dalam jumlah yang cukup memberikan manfaat kesehatan pada empunya”. Pada dasarnya, probiotik, bakteri hidup, ramah dan menguntungkan. Mereka tinggal di kedua usus besar dan kecil dan memainkan peran penting dalam menjaga kita sehat.

Bakteri ramah adalah komponen penting dari sistem pencernaan. Mereka meningkatkan fungsi pencernaan; meningkatkan imunitas; membantu mengatur keseimbangan hormon; melindungi kita dari penyakit yang berkaitan dengan makanan; mengontrol pertumbuhan berlebih dari bakteri jahat dan jamur, seperti kandida / jamur; melindungi kita dari mengembangkan alergi; membantu dalam produksi vitamin dan penyerapan gizi; dan melakukan yang tak terhitung jumlahnya fungsi penting lainnya.

Hal ini penting untuk menjaga keseimbangan bakteri baik dalam tubuh kita, namun banyak hal yang bisa dengan mudah mengganggu keseimbangan ini. Obat, stres, perubahan hormon, diet yang buruk dan kekurangan gizi dapat menurunkan populasi probiotik dalam tubuh kita. Obat-obatan seperti antibiotik spektrum luas tidak hanya membunuh bakteri buruk, tetapi juga bakteri baik dalam saluran pencernaan. Obat lain yang mengganggu keseimbangan ini termasuk obat anti-inflamasi, pil KB dan steroid.

Kabar baiknya adalah kita dapat meningkatkan bakteri ramah dalam tubuh kita dengan hanya menambahkan makanan tertentu untuk diet kita, seperti yoghurt, buttermilk, kefir, miso, tempe, sauerkraut ((kol asam) ) dan makanan fermentasi lainnya. Anda juga dapat melengkapi dengan probiotik dari toko kesehatan setempat.

Anda mungkin pernah mendengar istilah yang sama, prebiotik, dan bertanya-tanya apa perbedaan antara prebiotik dan probiotik. Prebiotik adalah makanan yang mengandung nutrisi yang benar-benar memberi makan probiotik. Makanan yang mengandung prebiotik termasuk asparagus, artichoke, gandum yaang masih murni, rami, barley (dan biji-bijian utuh lainya), bawang, bawang putih, hijau, madu, kacang-kacangan (termasuk kacang, buncis, dan ginjal, navy, putih dan kacang hitam), buah, pisang, dan buah lainnya.

Makan kombinasi antara prebiotik dan probiotik ini penting untuk menjaga bakteri menguntungkan berkembang. Ketika Anda makan makanan prebiotik, Anda memelihara bakteri baik dalam tubuh Anda. Dengan mengonsumsi makanan probiotik, Anda mengganti bakteri ramah yang telah hilang.(Epochtimes)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular