Menanak nasi yang paling umum adalah dicuci dulu berasnya, lalu ditambahkan air, kemudian dimasukkan ke dalam rice cooker. Kebiasaan memasak nasi seperti ini, nasi yang dimasak rasanya hanya biasa-biasa saja. Sebenarnya, asalkan mau melakukan sedikit improvisasi dengan beberapa jurus sederhana, maka akan didapatkan cita rasa nasi yang lebih lezat.

1. Dengan air mendidih

Menanak nasi dengan air mendidih dapat mempercepat kematangan, hal ini dapat mencegah kandungan vitamin dari beras mengalami kerusakan lantaran dipanaskan pada suhu tinggi untuk jangka waktu lama.

Setelah air mendidih, klorin dalam air akan menguap, ini dapat menghindari kerusakan vitamin B1, padahal vitamin B1 adalah nutrisi beras yang paling penting. Masaklah dengan air mendidih, akan sangat mengurangi hilangnya vitamin B1 dan vitamin B lainnya.

2. Tambah cuka

Masukkan beberapa tetes cuka ke dalam air memasak beras, nasi yang dimasak lebih putih dan wangi. Dengan perbandingan takaran 500 gram beras ditambahkan 1 ml cuka sudah cukup (sebagai gambaran: 1 sendok kecil / sendok teh berisi 5 ml, red.).

3. Tambah minyak

Nasi yang dimasak ditambahkan satu sendok makan minyak, maka akan lebih wangi dan lembut, serta akan berbentuk butir-butir, juga untuk menghindari lengket di panci kukusan. Tetapi bagi orang-orang suka makan kerak nasi jangan menambahkan.

Jika Anda menanak nasi menggunakan beras lama, rendamlah dalam air selama 2 jam, keluarkan dan tiriskan, lalu masukkan ke dalam panci (cooker), tambahkan air panas secukupnya, tambahkan satu sendok makan minyak sayur, masak dengan api besar hingga mendidih dan kemudian kecilkan api biarkan selama setengah jam. Dengan demikian nasi yang dimasak tidak beraroma beras lama.

4. Tambah garam

Hanya untuk nasi sisa yang dipanasi, perlu ditambah garam, caranya dengan tambahkan sedikit garam di air masak dalam rice cooker, maka nasi yang dimakan serasa nasi baru dimasak.

5. Tambahkan teh

Memasak nasi dengan air teh, nasi akan lebih harum dan lebih bergizi, juga dapat menghilangkan lemak.

Caranya sangat sederhana, air untuk memasak nasi diganti dengan air teh saja, tetapi sebaiknya menggunakan teh hijau, dan daun tehnya jangan terlalu banyak, jika tidak, nasi itu sendiri akan didominasi aroma teh dan malah kontraproduktif.

6. Kesalahanpahaman

Cuci beras tidak lebih dari tiga kali, karena sebagian besar nutrisinya akan hilang dan aroma nasi yang dimasak akan berkurang.

Dalam mengukus nasi, perbandingan beras dan air adalah 1: 1,2- 1,4. Jika dalam beras ditambahkan beras ungu, sorgum atau biji-bijian lain, maka harus menambahkan air lebih banyak karena biji-bijian “menyerap lebih banyak air” (Hui)

Share

Video Popular