Erabaru.net. Mungkin bagi sebagian besar masyarakat kopi telah menjadi kebutuhan sehari-hari, dan alangkah nikmatnya.

Jika pada saat menikmati segelas kopi panas juga disertai dengan fungsi lainnya yang bermanfaat dari kopi itu sendiri? Sebenarnya, aliran panas dari kopi mendidih yang perlahan-lahan hilang setelah kena udara itu, tidak perlu disia-siakan, karena bisa dimanfaatkan.

Baru-baru ini, ilmuwan dan desainer dari “Space10” yang bermitra dengan IKEA mengembangkan meja ajaib yang dapat menghimpun energi panas, kemudian mengubah aliran panas kopi di atas meja itu menjadi listrik sebagai daya untuk mengisi baterai ponsel.

Melansir laman delish.com, tim perancang menciptakan sebuah perangkat yang disebut “Heart Harvest”, mereka menanamkan sensor panas dari Heart Harvest itu ke meja, yang digunakan untuk mengumpulkan dan menyimpan energi panas yang dipancarkan dari minuman panas di atas meja, proyek Heat Harvest ini mereka kerjakan dengan membuat sebuah panel berbentuk meja makan.

Panel solar bersifat menyimpan panas dari energi yang berada di dekat penampang meja, yang disebut thermoelektrik.

Di dalam panel solar ini terdapat sensor sensitif yang bisa menangkap panas dalam ukuran dan bentuk apapun.

Panas yang dihimpun tersebut bisa dari wajan panas, hotplate, ketel air, hingga gelas panas atau bahkan laptop.

Menurut percobaan, cukup segelas kopi panas dapat membantu mengisi baterai ponsel anda.

“Space10” didanai oleh IKEA, dan bersama dengan Copenhagen School of Interactive Design, sebuah perusahaan baru di Kopenhagen mewujudkan karya ini.

Selain sebagai ruang pameran furniture untuk IKEA, Space 10 juga merupakan sebuah pusat penelitian dan pengembangan, yang akan secara berkala bekerja sama dengan lembaga lain mengembangkan teknlogi terbarukan, dan mencanangkan arah perkembangan masa depan.

Karena efisiensi dan pancaran panasnya belum sempurna, jadi belum ada rencana diluncurkan ke pasar, namun, tim desain yakin bahwa dalam waktu dekat, perangkat ini akan menjadi mutlak bagi keluarga dan atau kedai kopi.

Gelas yang dapat mengisi baterai ponsel

Baru-baru ini, seorang mahasiswa berusia 18 tahun, Ann Makosinski, berhasil menciptakan gelas canggih pengisi daya smartphone yang dinamakan “eDrink”, membantu mengisi baterai ponsel menggunakan minuman panas dari gelas tersebut, prinsip kerjanya sama dengan teknologi Heart Harvest IKEA, dapat mengonversi energi panas dari thermoelectric.

Dalam sebuah acara di televisi, Ann Makosinski mendemonstrasikan temuan barunya itu : menggunakan sebuah gelas perjalanan yang dimodifikasi, anda hanya perlu menuangkan minuman panas ke dalam gelas, kemudian menyambungkan ponsel itu port USB dari tatakan gelas tersebut, jadi anda bisa mengisi baterai ponsel sambil menikmati segelas kopi panas.

Dia juga pernah menggunakan prinsip kerja yang sama pada 2013 lalu dengan merancang sebuah senter Hollow Flashlight yang dapat dinyalakan hanya dengan mengandalkan suhu badan, dan hasil kreasinya itu mendapatkan Google Science Award.

Sayangnya, pengisian baterai ini sama dengan meja pengisian baterai ciptaan IKEA, efisiensi konversi energinya tidak cukup tinggi, sehingga belum ada rencana diluncurkan ke pasar. (Jhon/asr)

Share

Video Popular