Menstruasi merupakan indikator penting untuk memantau kesehatan kaum wanita.(Fotolia

Kaum wanita akan mengalami siklus menstruasi selama sekitar 40 tahun dalam sepanjang hidupnya. Menstruasi itu sendiri merupakan indikator penting untuk memantau kesehatan wanita, karena itu, selama terjadi ketidaklancaran haid atau pembekuan darah haid dan berbagai tanda lainnya, selalu membuat panik mereka yang mengalaminya. Sebenarnya, durasi menstruasi 2 hingga 7 hari itu dianggap masih dalam ambang normal, dan jika kebetulan terjadi gumpalan darah haid dalam jumlah kecil itu juga dianggap normal.

Darah yang sehat akan menggumpal

Secara umum, darah menstruasi biasanya berwarna merah pekat dan agak kental. Menurut keterangan dokter, karena struktur unik dari rongga rahim, sehingga terkadang darah akan menggumpal atau sebaliknya saat menstruasi. Jadi, itu adalah hal yang baik bagi Anda jika memang terdapat gumpalan darah saat menstruasi, artinya darah Anda sehat, dan darah yang sehat normal biasanya akan menggumpal.

Darah yang normal, akan menjadi padat tidak lama setelah meninggalkan pembuluh darah, ketika masa menstruasi, ada bagian darah menstruasi yang terlihat padat, atau menggumpal. Ini adalah selaput dinding dalam rahim yang seharusnya dikeluarkan setiap kali seorang perempuan bermenstruasi. Mengapa ada yang menggumpal atau sebaliknya ? Ternyata, sejak awal rongga rahim telah mengeluarkan beberapa anti-protrombin secara bersamaan dan bercampur dengan darah, sehingga darah tidak menggumpal, dan bisa dengan lancar dikeluarkan melalui saluran serviks. Setelah itu, akan terjadi pengumpalan darah karena kehabisan antitrombin, sehinggaa darah haid akan menjadi padat, dan terjadi pengumpalan darah.

Biasanya ada yang khawatir jangan-jangan masih ada sisa pembuangan darah haid yang tertinggal di dalam rahim karena volume menstruasinya yang lebih sedikit. Menstruasi merupakan proses pelepasan dinding rahim (endometrium) yang disertai dengan perdarahan dan terjadi secara berulang setiap bulan, dan darah menstruasi tidak akan menumpuk di rongga rahim. Jadi, kekhawatiran Anda itu tidak berdasar. (Epochtimes/Jhn)

Share

Video Popular