Keterangan gambar: Gambar rekaman citra satelit tentang kegiatan penggalian terowongan di Punggye-ri Korea Utara. (foto 38North)

Kantor berita Korea Selatan Yonhap mengutip sumber dari pihak militer memberitakan bahwa Korea Utara sedang melakukan galian terowongan baru dalam area uji coba peledakan senjata nuklir yang terletak di Punggye-ri. Penggalian diduga berhubungan dengan percobaan peledakan bom hidrogen yang mungkin sudah mereka produksi.

Menteri Pertahanan Korea Selatan baru-baru ini telah mengeluarkan laporan tentang penemuan adanya penggalian itu, dan menduga bahwa penggalian mungkin saja berkaitan dengan rencana percobaan peledakan senjata nuklir. Tidak hanya laporan Korea Selatan, jaringan intelijen Amerika ‘38North’ yang mengamati kegiatan militer Korea Utara melalui citra satelit juga mengirimkan sejumlah gambar rekaman tentang peningkatan aktivitas penggalian terowongan di pangkalan militer Korea Utara.

Selama 9 tahun terakhir, Korea Utara telah melakukan 3 kali percobaan peledakan nuklir dengan teknik fisi nuklir. Bila Korea benar-benar berhasil mengembangkan bom hidrogen, itu adalah pertama kalinya menciptakan ledakan yang lebih kuat melalui teknik reaksi berantai kimia. (Secretchina/sinatra/rmat)

 

Share

Video Popular