Rasio terjadinya karsinoma sel ginjal bagi mereka yang mengonsumsi obat pereda sakit dan merokok dalam jangka waktu panjang itu jauh lebih tinggi.(Fotolia)

Karsinoma sel ginjal merupakan suatu penyakit sel tubuh manusia, dan penyebabnya hingga kini masih misteri. Namun, dapat dipastikan bahwa beberapa jenis kanker itu erat kaitannya dengan kebiasaan atau pola makan dan kehidupan sehari-hari. Seperti misalnya merokok, paparan Matahari yang berlebihan, makan minum yang tidak sehat, paparan jangka panjang dengan bahan kimia dan asbes, serta karsinogen (zat penyebab kanker) lainnya, dimana semua yang disebutkan ini merupakan faktor yang dapat menyebabkan kanker.

Rasio terjadinya karsinoma sel ginjal bagi mereka yang mengonsumsi obat pereda sakit dan merokok dalam jangka waktu panjang itu jauh lebih tinggi

Hasil laporan penelitian medis menyebutkan bahwa rasio menderita karsinoma sel ginjal bagi mereka yang punya kebiasaan merokok itu 5.7 kali lebih tinggi daripada mereka yang tidak memiliki kebiasaan tersebut. Sementara itu, mereka yang punya kebiasaan mengonsumsi obat pereda sakit itu juga lebih rentan terserang karsinoma sel ginjal. Terjadinya karsinoma sel ginjal, selain faktor turunan, juga berhubungan dengan genetika dan lingkungan.

Karsinoma sel ginjal awal tidak menunjukkan gejalanya, biasanya ketika tumor telah berkembang cukup besar, mungkin benjolannya baru bisa Anda raba, menyebabkan rasa sakit atau terjadi hematuria (darah di urin), dan saat demikian gejalanya sudah sangat serius. Oleh karena itu, karsinoma sel ginjal juga dikenal sebagai silent killer (penyakit yang diam-diam mematikan)

Rasio kesembuhan karsinoma sel ginjal awal lebih dari 90%

Faktor yang karsinoma sel ginjal itu tidak mudah diketahui, karena ginjal terletak di dalam rongga perut, selain itu juga dikelilingi oleh jaringan lemak untuk melindungi ginjal, adalah organ yang tidak mudah disentuh dengan tangan. Satu-satunya kemungkinan untuk bisa membedakannya adalah darah di urin, namun, karena mudah keliru ditafsirkan sebagai batu ginjal, sehingga mengabaikan waktu perawatan medis.

Menurut statistik klinis, jika karsinoma sel ginjal itu ditangani/disembuhkan dengan pembedahan awal, maka tingkat kelangsungan hidupnya bisa mencapai lebih dari 90%, dan 60% kemungkinannya bisa disembuhkan bagi penderita karsinoma sel ginjal tahap kedua, namun, jika sudah sampai pada tahap keempat, maka rasio kelangsungan hidupnya turun 20%. Artinya, semakin cepat terdeteksi peluang kesembuhannya juga akan semakin tinggi.

Jika Anda merasakan nyeri punggung, warna urin menjadi pekat, benjolan di perut yang tidak jelas, sebaiknya segera periksa atau konsultasikan dengan dokter terkait, terutama jika ditemukan adanya darah di urin, sebaiknya sesegera mungkin periksakan diri Anda ke dokter spesialis urologi, untuk mengesampingkan kemungkinan bahwa itu adalah karsinoma sel ginjal.(Epochtimes/Jhn)

Share

Video Popular