Kue bulan cocoknya memang disanding dengan teh. Kue bulan (Tiong Chiu Pia) yang manis dan tidak eneg bertemu dengan teh yang menyegarkan, akan saling melengkapi rasa di mulut. Dari perspektif kesehatan, minum teh yang baik untuk pencernaan dan makan bersama kue bulan adalah pilihan yang sehat.

Tetapi jenis kue bulan dan dengan teh macam apakah yang cocok, hal itu perlu ditelaah lebih lanjut.

Kue bulan yang manis

Kue bulan dengan isi pasta jujube, pasta tausa (kacang merah), atau pasta biji teratai rasanya sangat manis. pada saat menikmatinya, disandingkan dengan minum teh mint atau teh hijau lebih pas. Kue bulan yang sangat manis ini tidak mudah dicerna. Teh hijau dan mint (tanpa gula) dapat meningkatkan metabolisme glukosa, sehingga tidak terlalu banyak gula yang mengendap di dalam tubuh.

Dua jenis teh ini bersifat dingin, cocok untuk kue bulan yang manis panas, tapi bagi orang yang tangan dan kakinya gampang dingin atau orang-orang yang lemah pencernaan tidak boleh terlalu banyak minum teh atau minum sedikit setelah perut kenyang.

Kue bulan yang berminyak

Kue bulan berminyak cocok dengan teh rasa agak berat untuk menghilangkan rasa minyak di mulut. Teh Pu’er adalah persandingan terbaik. Pu’er bersifat dingin, berefek baik menghilangkan lemak, sedangkan teh krisan memiliki efek menurunkan panas dalam. Selain itu, teh hawthorn (crataegus, shanzha) mampu mengaktifkan sekresi asam lambung dan membantu pencernaan.

Kue bulan pasta kacang

Kue bulan pasta kacang-kacangan memiliki bahan pendamping yang teruji dengan kelebihan: kulit tipis dengan isian lebih banyak, beraroma dan menyegarkan, tidak mudah pecah. Ketika mencicipi, bisa pilih disanding dengan minuman teh hijau. Teh hijau memiliki kelebihan teh yang diseduh berwarna jernih dengan daun hijau, dan beraroma wangi. Aroma dari teh hijau dapat mengurangi rasa eneg dari kue bulan isian pasta kacang dan banyak varietas lainnya yang menyebabkannya berminyak, sehingga rasa menjadi lebih segar.

Selain itu, teh hijau berefek antioksidan yang cukup menonjol, menjadi populer di kalangan wanita yang mencintai keindahan dan pelangsingan badan, bahkan dapat memperbaiki pencernaan lantaran stagnasi oleh kacang-kacangan. Dengan sebuah teko kaca transparan menyeduh seteko teh tippy atau longjing, terlihat lebih kemilau hijau dan menyenangkan.

Ketika makan kue bulan rasa asin, minum teh hijau juga merupakan persandingan yang baik. Teh hijau dapat membuat kue bulan yang asin gurih sepenuhnya menunjukkan rasa lezat dan menambah nafsu makan.

Kue bulan rasa buah snowy

Kue bulan jenis ini sangat berbeda dengan kue bulan tradisional, tetapi bila disantap rasanya menyegarkan, sehingga digemari oleh banyak orang. Selain itu, kue bulan rasa kulit salju lebih modis dan lebih digemari orang muda, lebih elegan dan layak disandingkan dengan teh bunga.

Kue bulan ala taiwan

Kulit kue bulan ala Taiwan rasanya renyah dan berkrim serta terpisah antara isian dan kulit. Rasa segar tidak berminyak, dapat disandingkan dengan semua jenis teh oolong, seperti teh tianwu, tongting Oolong, dan sebagainya. Dan kue bulan semacam itu disandingkan dengan teh melati aroma harum, seperti teh melati Jepang, teh melati oolong, rasanya akan lebih pas, terutama aroma harum melati dalam mulut, membuat orang merasakan rasa yang menyegarkan. (Epochtimes/Hui)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA KULINER

Video Popular