Keterangan gambar: Surat atau dokumen kontrak yang perlu dicetak (print), fax, atau scan, perlahan-lahan akan disingkirkan oleh zaman. (Fotolia)

Oleh: Lin Yan

Ilmu pengetahuan dan teknologi maju dengan pesat, teknologi lima tahun lalu sangat jauh berbeda dengan teknologi sekarang. Pada 2010 lalu, iPad baru dilucurkan. Kickstarter, situs penggalangan dana online juga baru diperkenalkan saat itu, lima tahun kemudian, telah cukup banyak mengubah pola pembiayaan modal ventura dan kebiasaan konsumen.

Jika memandang jauh selama lima tahun ke depan, apa kira-kira hal baru dan unik yang akan terjadi? Namun, untuk sementara ini, kita tidak perlu memandang terlalu jauh dulu ke depan, mari kita lihat apa saja hal-hal yang yang akan dihilangkan atau disingkirkan dalam lima tahun mendatang sejak sekarang. Dalam artikel ini, seperti dilansir dari situs TechCrunch, Minggu (3/1/2015),  telah kami rangkum lima hal yang akan hilang dari peredaran dalam lima tahun mendatang.

1. Uang tunai, buku cek, kartu kredit dan ATM

Keterangan gambar: Dari tahun 2000 sampai 2012, penggunaan cek di Amerika Serikat merosot 57%. (Fotolia)

Sejak 2000 sampai 2012, penggunaan cek di Amerika Serikat turun 57%. Sekarang, Square Inc, sebuah perusahaan perusahaan pembayaran mobile meminta perusahaan membayar tagihan dengan kartu debet atau kartu kredit. Venmo memungkinkan pengguna membayar atau sebaliknya melalui ponsel pintar. Dari hasil studi terkait ditemukan sebesar 94% konsumen perbankan online berkisar di bawah usia 35 tahun, dan lebih dari seper-lima di antara mereka itu tidak pernah menggunakan cek untuk membayar tagihan.

2. USB atau Flashdisk.

Keterangan gambar: Dalam lima tahun ke depan, USB/flashdisk mungkin akan menghadapi nasib disingkirkan dari peredaran.

Sampai pada 2020 nanti, sekitar 70% penduduk di dunia akan menggunakan ponsel pintar, jaringan data seluler akan mencakup 90% dari populasi dunia. Dan dalam lima tahun ke depan, permintaan terhadap kapasitas penyimpanan perangkat mobile itu akan sangat diperlukan, dan USB atau yang juga dikenal sebagai Flashdisk itu mungkin akan menghadapi nasib disingkirkan dari peredaran.

3. Password

Keterangan gambar: Rata-rata setiap orang memiliki lebih dari 19 bentuk kata sandi, kecil kemungkinannya jika ingin melenyapkan password dalam waktu lima tahun.

Mungkin setiap orang rata-rata memiliki lebih dari 19 bentuk kata sandi, tapi kecil kemungkinannya jika ingin melenyapkan password itu dalam waktu lima tahun. Namun, sistem pengenalan biometric kini secara bertahap menjadi arus utama keamanan informasi, terutama pada perangkat mobile, seperti pengenalan sidik jari, suara dan pengenalan wajah akan menjadi metode login ke account.

4. Remote control
Keterangan gambar: Internet of Things (loT), smarthome dan perangkat wearable akan membuat remote control tidak berguna lagi(Fotolia)

Mungkin sebagian dari kita kerap mencari-cari remote control untuk sekadar menyalakan peralatan elektronik, seperti TV, AC dan perangkat lainnya, tapi anda tidak perlu khawatir lagi, karena pada 2020 mendatang, Internet of Things-IoT, smarthome dan perangkat wearable akan saling terhubung dengan 17,6 miliar unit perangkat. Pada saat itu, remote control akan menjadi barang rongsokan.

5. Dokumen dan surat kontrak.

Keterangan gambar: Surat atau dokumen kontrak yang perlu dicetak (print), fax, atau scan, perlahan-lahan akan disingkirkan oleh zaman.(Fotolia)

Surat atau dokumen kontrak yang perlu dicetak (print), fax, atau scan, perlahan-lahan akan disingkirkan oleh zaman. Di masa depan, cukup hanya dengan “Cloud Agreement”, kita sudah bisa mengelola transaksi apapun.

“Cloud Agreement” bisa secara efektif menghubungkannya secara bersama dengan semua pihak, pembayaran otomatis sesuai dengan waktu yang ditentukan berdasarkan isi kontrak yang telah disepakati. Bagi setiap bidang usaha, seperti real estate, jasa keuangan, teknologi tinggi dan industri medis dapat meningkatkan efisiensinya, menekan biaya, dan menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik.  (epochtimes/joni/rmat)

Share

Video Popular