Erabaru.net. Semua orang pasti tahu, garam salah satu bumbu dapur yang paling penting, masakan kurang garam akan terasa hambar.

Tapi mungkin banyak orang yang belum tahu manfaat garam yang lebih, tak sekedar sebagai penyedap masakan.

Berikut beberapa manfaat garam untuk sehari-hari.

1. Agar bunga bisa bermekaran dengan warna yang lebih indah cemerlang, tuangkan sedikit air garam di dalam potnya.

2. Saat menggoreng makanan, campurkan sedikit garam ke dalam wajan, dengan demikian minyak tidak akan memercik atau meletup saat menggoreng.

3. Campurkan sedikit garam ke dalam air, jika kulit telur yang sedang direbus itu retak, dengan begitu putih telurnya tidak mengalir keluar.

4. Tumbuk wortel dengan sedikit campuran garam, sangat efektif dalam menghilangkan bekas darah di pakaian.

5. Untuk mencegah agar warna pakaian tidak luntur saat mencuci, anda bisa tuangkan garam secukupnya di dalam rendaman baju.

6. Untuk menghilangkan bau mulut dan membersihkan rongga mulut, Anda bisa kumur dengan air garam setiap bangun pagi, selain itu juga dapat mengurangi pembengkakan dan pendarahan gusi, sekaligus membantu mengobati periodontitis (peradangan atau infeksi pada jaringan penyangga gigi)

7. Sayuran yang dihinggapi ulat, dimana meskipun tidak ada kontaminasi pestisida, namun, ulat kecil yang hinggap di daun sayuran itu cukup sulit untuk dihilangkan, saat demikian Anda bisa rendam daun sayuran yang telah dipetik itu ke dalam air garam selama 3-5 menit, dijamin ulat-ulat lepas sendiri ke dalam air.

8. Sulit rasanya mempertahankan kesegaran tahu dalam waktu lama, namun, coba Anda didihkan air garam yang telah dilarutkan itu bersama air, setelah dingin, Anda bisa letakkan tahu itu ke dalam air garam, dijamin tahu Anda akan tetap segar dan awet dalam waktu yang lama.

9. Sebelum menggoreng ikan, sebaiknya masukkan ikan itu ke dalam air garam, lalu cuci hingga bersih, dipastikan tidak akan tercium aroma bau tanah dan amisnya.

10. Untuk membuat pisau dapur yang sudah tumpul agar tajam kembali, coba rendam pisau itu dalam air garam selama sekitar setengah jam atau lebih, kemudian asah pisau itu sambil sesekali dibasahi dengan air garam, dijamin pisau Anda yang tadinya tumpul itu seketika menjadi tajam, selain itu pisau Anda akan lebih awet dan tahan lama. (Jhn/Yant)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular