Sebagai ajang tahunan CES atau Consumer Electronics Show 2016 yang akan berlangsung pekan ini di kota Las Vegas, Amerika Serikat. LG Corp asal Korea Selatan memamerkan sejenis layar ultra tipis yang elastis, dapat digulung seperti koran dan dibawa kemana saja. Namun produk ini masih dalam tahap pengembangan, masih jauh dari komersialisasi.

LG mengumumkan rencana pengembangan layar OLED ultra HD (4K) 18 inci ini pada2014 lalu dan memamerkannya secara resmi di ajang Consumer Electronics Show 2016. Produk besutan LG ini hanya 2,57 mm tebalnya, atau tipisnya setara dengan empat lembar kartu kredit, dapat digulung dan dibawa kemana-mana. Kualitas gambarnya bening, dengan pembagian warna yang jelas, tampilan warna stabil, dan dari sisi suara juga tidak akan terganggu.

Namun, prototipe display ini masih dalam tahap pengembangan, pihak LG masih perlu mengatasi sebagian masalahnya. Misalnya, display ini akan rentan rusak jika pengguna terlalu keras atau terlalu cepat melipatnya. Dan vendor LG mungkin memerlukan satu atau dua tahun lagi untuk menyempurnakan produk ini, setelah itu baru akan diluncurkan di pasar.

Selain itu, LG juga akan meluncurkan display OLED ultra tipis 55 inci, dan layar 55 inci lainnya, yang dapat menampilkan gambar yang berbeda dari sisi depan dan belakang, cocok digunakan untuk para pengusaha. Perusahaan LG juga merebut pasar otomotif, membuat panel berukuran kecil, dan dalam ajang kali ini LG akan menampilkan TV layar lengkung 25 inci untuk interior mobil, termasuk TV layar LCD 10.3 inci lainnya yang dapat dioperasikan dengan pemakaian sarung tangan.

Sementara itu, raksasa elektronik Korea Selatan lainnya yakni Samsung Corp, juga memamerkan sejumlah produk baru di CES kali ini, di antaranya termasuk “Family Hub” yakni si kulkas pintar yang memiliki fungsi memantau makanan bekuk. Di dalam kulkas pintar dilengkapi dengan 3 lensa kamera, yang bisa merekam jumlah dan jenis barang yang disimpan. Ketika belanja, anda bisa memeriksa berapa banyak lagi sisa barang-barang yang ada di dalam kulkas melalui aplikasi ponsel, sehingga anda bisa belanja sesuai kebutuhan.

Selain itu, kulkas pintar ini juga dilengkapi dengan layar sentuh 21,5 inci, yang memungkinkan pengguna untuk memesan langsung ke pengecer, atau menulis pesan, upload foto, berbagi produk seni, memainkan musik dan sebagainya. Fungsinya dapat menyamai “pusat komunikasi keluarga.” (Jhon/asr)

Share

Video Popular