Jika merawat tubuh dengan cara yang benar, Anda dapat melenyapkan radang sendi (arthritis). (iSTOCK)

Oleh: dr. Soe Hyo – Seok

Arthritis atau radang sendi telah menjangkiti Bumi sejak zaman dahulu. Kerangka manusia purba, Lucy, hominid yang hampir berusia 3,2 juta tahun yang lalu, tampaknya juga menderita radang sendi.

Dalam bentuk yang berbeda, radang sendi juga telah menyerang banyak orang terkenal. Sir Isaac Newton, Charles Darwin, dan Raja Louis XIV juga menderita encok, sejenis radang sendi yang dikatakan menyebabkan rasa sakit, bahkan ketika ditiup “angin yang lembut” sekalipun. Juga disebut sebagai “penyakit bangsawan” karena biasa menjangkiti pada mereka yang terlalu banyak “makan enak”, asam urat disebabkan oleh peradangan karena kelebihan asam urat dalam darah. Asam urat diubah menjadi bentuk kristal dan disimpan dalam sendi.

Pada bagian akhir kehidupan pelukis terkenal, Renoir, melukis dengan mengikat kuas ke tangannya akibat sakit rheumatoid arthritis yang parah. Karena keterbatasan ini, gaya lukisannya berubah dari halus dan indah menjadi sangat kasar karena radang sendinya memburuk. Penyanyi Perancis yang banyak digemari, Édith Piaf, juga menderita rheumatoid arthritis yang membuat tangannya bengkok dan kaku sebelum ia meninggal pada usia 47 tahun.

Jenis dan gejala

Ketiga jenis yang paling umum dari penyakit radang sendi adalah degeneratif atau osteoarthritis, rheumatoid arthritis, dan encok.

Osteoarthritis timbul karena melemahnya tulang dan tulang rawan akibat penuaan.

Rheumatoid arthritis adalah kondisi autoimun yang menyebabkan peradangan kronis pada sendi dan akhirnya dapat menghancurkan mereka.

Seperti disebutkan di atas, asam urat disebabkan oleh akumulasi asam urat yang mengkristal pada sendi atau jaringan lainnya yang gagal dikeluarkan.

Radang sendi juga dapat terjadi setelah trauma seperti patah tulang, atau kerusakan ligamen. Jenis lain dari radang sendi termasuk purulen dan arthritis TBC, yang timbul dari infeksi atau tuberkulosis, dan psoriasis arthritis, yang terjadi pada orang yang menderita psoriasis.

Paru-paru yang sehat, kuncinya ginjal

Dalam pengobatan Korea, radang sendi (arthritis) dianggap sebagai hasil melemahnya fungsi ginjal. Ketika ginjal lemah, sirkulasi energi dan darah selama cuaca dingin tidak akan menjadi kuat, dan akan dihasilkan residu dari berbagai zat, serta menumpuk di persendian tangan dan kaki. Residu ini akhirnya akan membusuk dan menjadi radang sendi.

Dalam pengobatan oriental, proses dalam tubuh dipandang sebagai proses pencerminan di alam. Sebagai contoh, jika ada angin ribut, maka pohon-pohon akan menjadi bengkok dan ujungnya berputar-putar; jika ada cuaca dingin yang parah, pohon akan membeku, mengeras, dan menjadi kaku. Jika ada kelembaban yang berlebihan, maka pohon akan menjadi kembung.

Ketika tubuh manusia terkena angin, dingin, atau uap lembab yang berlebihan, maka masalah yang sama akan terjadi. Oleh karena itu, di dalam kedokteran oriental, memperlancar sirkulasi darah dengan menjaga sendi selalu hangat adalah dasar pengobatan bagi penderita radang sendi.

Pengobatan oriental juga merawat radang sendi dengan jamu rebusan herbal atau pil yang terbuat dari tanaman obat yang sanggup bertahan di alam terhadap dingin, angin, dan hujan. Pendekatan dengan akupunktur, moxibustion (terapi yang melibatkan pembakaran ramuan mugwort), dan terapi bekam, juga mengembalikan fungsi kekebalan tubuh. Pengobatan oriental juga berfokus pada peningkatan sirkulasi darah guna untuk mengobati radang sendi.

Dengan demikian, tidak seperti obat-obatan Barat, yang berfokus pada mengurangi gejala dengan obat dan operasi, pendekatan kedokteran oriental memungkinkan tubuh untuk menyeimbangkan dan menyembuhkan secara alami tanpa kambuhnya gejala atau efek samping.

Di dalam pengobatan oriental, ginjal juga memainkan peran kunci dalam menghasilkan sumsum tulang dan menjaga kesehatan tulang. Bahkan, pengobatan modern juga telah mengakui hubungan erat antara ginjal dan tulang dengan menunjukkan erythropoietin (suatu hormon yang dikeluarkan oleh ginjal ketika kadar oksigen rendah) memberi sinyal pada sumsum tulang untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Ginjal juga membantu mengatur dan memetabolisme kalsium, bahan utama dalam tulang.

Obat yang saya kembangkan, Pyunkang, menyembuhkan radang sendi dengan menerapkan prinsip kedokteran Korea, yakni ketika kondisi tubuh lemah, mereka perlu memperkuat fungsi organ utama. Dengan demikian, karena organ utama dari ginjal adalah paru-paru, jadi sangat memungkinkan untuk memulihkan kesehatan mendasar tulang dengan memperkuat kesehatan paru-paru.

Tulang dikategorikan dalam tulang lunak (tulang rawan) dan tulang keras. Tulang rawan meregenerasi lebih cepat dari tulang keras, dan secara umum, adalah sangat memungkinkan untuk meregenerasi tulang rawan setelah sekitar enam bulan pengobatan difokuskan pada pembersihan paru-paru.

Saya menjadi yakin atas pendekatan ini melalui pengalaman klinis dalam mengobati beberapa puluh ribu pasien dengan penyakit paru-paru yang parah. Saya mengamati banyak pasien penyakit paru-paru yang parah, tiba-tiba bisa tumbuh lebih tinggi setelah lebih dari setahun menjalani pengobatan untuk memperbaiki fungsi paru-parunya.

Saya juga pernah merawat pasien gangguan pertumbuhan dengan meningkatkan fungsi paru-parunya dan mendapatkan hasil yang sangat baik.

Setelah keelastisitasan tulang rawan dipulihkan, adalah mungkin untuk menyembuhkan arthritis yang telah berkembang bahkan ke titik deformasi sendi. Selain itu, ketika kesehatan ginjal telah membaik, mereka akan menyaring darah lebih baik dan lebih teliti membuang limbah dalam darah melalui urin. Penghapusan yang ditingkatkan secara bertahap akan menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Ketika fungsi ginjal ditingkatkan, setelah menjalani pengobatan sekitar enam bulan, asam urat juga dapat dihilangkan, dan karena perawatan semacam ini pada dasarnya menghilangkan penyebab penyakit, asam urat tidak akan terulang kembali.

Jika Anda atau orang lain merasa putus asa karena tidak akan pernah bisa melepaskan diri dari radang sendi, saya sangat merekomendasikan agar Anda menempatkan usaha untuk membersihkan paru-paru, dan jangan biarkan pupusnya harapan bahwa sendi Anda dapat diregenerasi.

Paru-paru yang sehat dapat memfasilitasi penghapusan asam urat dan mengembalikan kesehatan tulang rawan dan tulang keras yang rusak seperti sebelumnya. Saya juga merekomendasikan untuk berhati-hati tentang implan sendi buatan. Ini harus dianggap sebagai upaya terakhir karena kemampuan tubuh Anda untuk memulihkan diri sendiri memang sangat menakjubkan dan besar. (Ajg)

Bersambung

Dr. Seo Hyo Seok adalah direktur Rumah Sakit Pengobatan Pyunkang Korea, yang memiliki tujuh cabang di Korea Selatan, satu di Stanton University, California, dan satu lagi di Atlanta, keduanya di AS. Dr. Seo termasuk peringkat atas dari Kyung Hee University, Korea, dan telah bertahun-tahun melakukan penelitian untuk mengembangkan formula herbal Pyunkang-Hwan, yang dapat meningkatkan kekebalan dengan memperkuat fungsi paru-paru. Ia telah membantu penyembuhan lebih 155.000 pasien dari berbagai kondisi.

Share

Video Popular