Keterangan gambar: Joaquin Guzman bandar besar narkoba Meksiko tertangkap lagi setelah setengah tahun kabur dari penjara. (AFP/Getty Images)

Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto pada Jumat (8/1/2016) mengumumkan bahwa terpidana bandar narkoba Joaquin Guzman telah tertangkap kembali setelah 6 bulan kabur dari penjara. Menurut AFP bahwa Enrique Pena Nieto menulis di akun Twitter, “Misi penangkapan sudah selesai. Saya ingin menyampaikan kepada masyarakat Meksiko bahwa kita sudah berhasil menangkap kembali Guzman.”

Joaquin Guzman yang kini berusia 58 tahun kabur dari penjara pada 11 Juli tahun lalu. Kaburnya Guzman membuat malu pemerintah Meksiko, tentara marinir Meksiko kemudian dikerahkan untuk mencarinya di Sinaloa dan daerah barat daya negara bagian Durango.

Seorang juru bicara kepresidenan membenarkan adanya berita dalam Twitter yang keluarkan oleh presiden kepad AFP. Namun ia tidak mengungkapkan rincian lebih lanjut.

Sebelum pengumuman penangkapan Guzman, juru bicara Angkatan Laut Meksiko mengatakan bahwa 5 orang tersangka tewas dalam kontak senjata dengan pasukan marinir di City of Mochis. Namun ia tidak menjelaskan apakah kelima tersangka itu memiliki hubungan dengan kasus Guzman.

Pada 11 Juli 2015, Guzman kabur dari penjara melalui terowongan sedalam 10 meter yang berada di bawah kamar mandi dalam selnya. Terowongan itu memiliki panjang sampai 15 km, dan di dalamnya terdapat sebuah sepeda motor untuk kabur yang sudah dipersiapkan terlebih dahulu oleh kawanan Guzman.

Terowongan itu memiliki tinggi sekitar 5 kaki 6 inci (+/- 165cm) cocok untuk Guzman yang tinggi badannya 5 kaki 5 inci (+/-160cm). dalam terowongan juga terdapat lampu penerangan dan ventilasi buat sirkulasi udara, trap tangga. Guzman diperkirakan melarikan diri melalui terowongan ini dengan naik sepeda motor menuju lubang keluar di tempat lain.

Untuk membuat terowongan pelarian itu, tanah dan bebatuan yang perlu diangkut keluar bisa mencapai 3.250 ton.

Joaqin Guzman adalah bandar besar nakoba di Sinaloa, menyelundupkan kokain, ganja, sabu dan obat terlarang dalam jumlah besar ke Amerika. Ia ditangkap pada 1993, dan kabur untuk pertama kalinya pada 2001 dengan menyuap penjaga, dan bersembunyi di dalam gerobak pengangkut pakaian untuk keluar sel tahanan.

Amerika menawarkan hadiah 5 juta Dollar AS bagi siapa saja yang berhasil menemukan Guzmaan setelah berhasil kabur dan menghirup udara segar di luar penjara selama 13 tahun. Pada Februari 2014, ia ditemui sedang menilkmati liburan di sebuah hotel lalu ditangkap oleh polisi gabungan dari Meksiko dan AS. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular