Erabaru.net. Ampas kopi sudah diketahui umum adalah untuk pembersih dan penghilang bau.

Untuk urusan kecantikan ampas kopi ternyata juga memiliki fungsi yang sangat baik, yakni dapat membuat tampilan warna rambut lebih kemilau.

Sebagai masker wajah, kulit wajah akan menjadi lebih cemerlang dan indah.

Ampas kopi sebagai rahasia perawatan kulit adalah hal yang patut dicoba.

Beberapa kegunaan ampas kopi dalam aspek kecantikan:

Perawatan rambut

Di dalam kopi terdapat antioksidan yang dapat menetralisir setiap produk kimia perawatan rambut, yang juga akan memuluskan permukaan rambut dan membuat rambut menjadi lebih berkilau.

Penata rambut aplikasi asal New York, AS, Doug Macintosh, mengatakan, bubuk kopi ditambah air dijadikan adonan, untu masker rambut basah yang telah dibersihkan dengan shampo, akan membuat warna rambut tampak lebih solid.

Campurkan 1 sampai 2 sendok teh bubuk kopi dengan conditioner dan maskerkan pada rambut. Setelah lima menit bilas hingga bersih, dan rambut akan terlihat lebih lembut dan bersinar.

Ampas kopi juga dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala. Pertama basahi dahulu kulit kepala, lalu dengan 1/3 gelas bubuk kopi dimaskerkan ke kulit kepala, setelah dipijat selama 1 menit kemudian cuci dengan shampoo.

Menghilangkan kantong bawah mata

Beberapa krim mata yang mengklaim dapat menghilangkan kantong di bawah mata, kemungkinan memang mengandung kafein.

Kantong mata adalah pembuluh limfatik yang drainase cairannya buruk, sedangkan kafein membantu mengekstradisi air dari tubuh.

Fungsi kopi sebagai vasodilator (serbuk pemekar pembuluh darah) dapat meningkatkan sirkulasi darah, fungsi vasokonstriktor kopi membantu menghilangkan kantong di bawah mata atau lingkaran mata.

Dengan mencampur ampas kopi dan krim mata, lalu dimaskerkan di bawah mata atau kelopak mata, dapat meredakan pembengkakan pada kelopak mata dan menghilangkan lingkaran hitam. Dalam 30 sampai 60 menit dapat terlihat efeknya.

Exfoliating wajah

Julia Hunter, dokter kulit dari California, Amerika Serikat menyatakan, penggunakan bubuk kopi untuk menggosok/pengelupasan kapalan pada kulit wajah, membantu kulit wajah menjadi cerah, mencegah penyumbatan pori-pori dan membuat keriput menjadi melunak.

Selain pengelupasan kulit keras secara mekanis, zat asam yang terkandung dalam kopi juga dapat secara kimiawi mengelupaskan kulit keras (keratin), dapat bermanfaat bagi perlindungan kulit. Dengan ampas kopi untuk menscrub tubuh, membantu mengencangkan kulit dan mengurangi timbulnya jaringan kulit jeruk (selulit).

Masker wajah

Kafein dalam kopi lantaran dapat merangsang kulit, meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi keriput dan kulit kendur kusam, maka kulit dapat dibuat menjadi lebih cerah. Dengan facial kopi, dapat mengencangkan lemak wajah dan mengurangi pigmentasi kulit.

Campurkan 2 sendok makan yoghurt organik dengan 1 sendok makan bubuk kopi murni, kemudian oleskan ke wajah yang telah dibersihkan, setelah pemaskeran selama 15 menit baru dicuci bersih. (Hui/Yant)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular