Jembatan yang terbuat dari air beku diresapi dengan serat kertas, sehingga tiga kali lebih kuat dari es normal. (Foto: Eindhoven University of Technology
via iflscience.com)

Golden Horn Bridge, sebuah jembatan yang dirancang oleh Leonardo da Vinci pada tahun 1502, akhirnya dibangun. Desain tokoh Renaissance ini semula dibuat untuk melintasi selat Bosphorus di Istanbul, Turki. Namun, pada akhirnya konstruksi ini direalisasikan di Juuka, Finlandia. Selain itu, desain asli yang pada mulanya menggunakan batu, diganti oleh para insinyur dengan menggunakan es.

Jembatan ini akan menjadi jembatan terpanjang yang pernah dibangun di atas es. Konstruksi diharapkan akan selesai pada 13 Februari ini. Namun, ini akan tergantung pada cuaca, karena ada ancaman suhu hangat non-musiman yang membuat es tidak membeku cukup cepat untuk memenuhi tenggat waktu ini.

Untungnya, kondisi cuaca sejauh ini ideal untuk pembangunan jembatan, dengan suhu di Juuka ada di kisaran -30 ° C (-22 ° F) sejak pekerjaan dimulai pada tanggal 28 Desember 2015. Untuk membuat struktur ini, sekitar 150 siswa yang dipimpin oleh tim dari Eindhoven University of Technology bekerja bergantian tanpa henti, sehingga peralatan bisa dipastikan tidak membeku.

Gambar di atas adalah sketsa asli milik da Vinci untuk Jembatan Golden Horn. (Foto: Domain publik via iflscience.com)

Jembatan ini dibuat dengan menggunakan es yang diresapi dengan serat kertas, yang membuatnya menjadi tiga kali lebih kuat dan 20 kali lebih keras dari es normal. Campuran ini disemprotkan untuk membuat lapisan tipis ke permukaan cetakan karet raksasa, yang seketika akan membeku. Setiap lapisan hanya berketebalan beberapa milimeter, dan cukup untuk memberikan stabilitas yang memadai bagi es untuk berdiri sendiri. Setelah itu cetakan yang bagaikan balon besar kemudian disingkirkan.

Bila pekerjaan ini selesai, jembatan akan dibuka hanya bagi pejalan kaki saja, meskipun tim konstruksi yakin bahwa jembatan ini juga bisa menahan berat kendaraan. Untuk membuktikan ini, mereka akan mengendarai mobil di atas jembatan saat upacara pembukaan dilangsungkan. Bila jembatan selesai digunakan, setelah es mencair, serat kertas akan digunakan untuk kompos. (iflscience.com/BenTaub/Dpr)

Share

Video Popular