Prinsip kerja material siluman yang dikembangkan para insinyur meniru pola kemampuan anti-reflektif pada mata hewan ngengat. (Foto: Wang Jiayi / The Epoch Times)

Para peneliti menciptakan suatu bahan siluman model baru menggunakan gula. Penggunaan bahan ini diklaim hampir 100% mampu menyerap gelombang deteksi radar atau dengan kata lain bisa terhindar dari pelacakan radar militer. Pesawat tempur masa depan bisa secara efektif mewujudkan kemampuan silumannya jika menggunakan lapisan antireflektif ini.

Melansir laman “Daily Mail” Inggris (6/1/2016), ilmuwan The Research Institute for Nuclear Problems dari Belarusian State University, Belarusia, menciptakan jubah siluman anti-reflektif dalam bentuk segi-enam dengan menggunakan efek pirolisis dari gula. Lapisan anti-reflektif ini diklaim hampir 100% mampu menyerap pendeteksian gelombang radar militer, sehingga bisa menjadi bahan siluman yang efektif untuk pesawat tempur masa depan.

Bahan siluman ini sangat ringan, dalam praktiknya, peneliti melapisi manik-manik dari plastik biopolimer dengan sukrosa. Oleh peneliti, manik tersebut kemudian dibakar dalam proses khusus yang disebut pyrolys. Proses ini menghancurkan plastik dengan dorongan gas, dan arang gula menjadi karbon.

Sisa gula itu kemudian diatur dalam sebuah lapisan dengan ketebalan satu molekul yang dikemas padat dalam bentuk segi enam yang mampu menyerap radiasi dalam pita frekuensi militer, dengan panjang gelombang sekitar 7,5 sampai 10 milimeter. Ngengat memiliki kemampuan anti-reflektif, sehingga yang tampak hanya sebuah bola hitam meski dipancarkan dengan pilar cahaya sekalipun.

Dalam makalah penelitian yang dipublikasikan di Applied Physics Letters, salah satu peneliti Dzmitry Bychanok mengatakan : “Lapisan dengan ketebalan satu molekul dibentuk oleh bola bidang dengan radius 6 milimeter dan ketebalan lapisan sekitar 5 mikrometer, memungkinkan koefisien penyerapan gelombang pendek tertinggi, yaitu lebih dari 95 persen pada 30 GHz.”

Para peneliti terkait mengatakan bahwa bahan yang ada saat ini berupa struktur datar dan tidak praktis, target penelitian berikutnya adalah menciptakan struktur 3D agar dapat diaplikasikan secara aktual. Selain untuk pesawat siluman, lapisan anti-reflektif ini juga bisa diterapkan dalam banyak perangkat seperti untuk layar komputer, ponsel atau senjata militer lain dan sebagainya. (Jhon/asr)

Share

Video Popular