Arthritis atau radang sendi telah menjangkiti manusia sejak zaman dahulu. Kerangka manusia purba, Lucy, hominid yang hampir berusia 3,2 juta tahun yang lalu, tampaknya juga menderita radang sendi. Dalam bentuk yang ber-beda, radang sendi juga telah menyerang banyak orang terkenal. Sir Isaac Newton, Charles Darwin, Raja Louis XIV dan juga penyair terkenal perancis Édith Piaf.

Tiga jenis yang paling umum dari penyakit radang sendi adalah degeneratif atau osteoarthritis, rheumatoid arthritis, dan encok. Osteoarthritis timbul karena melemahnya tulang dan tulang rawan akibat penuaan. Rheumatoid arthritis adalah kondisi autoimun yang menyebabkan peradangan kronis pada sendi dan akhirnya dapat menghancurkan mereka.

Penyebab dan gejala radang sendi

Osteoarthritis

Usia rata-rata penderita: 40 tahun.

Penyebab: Penuaan sendi.

Gejala: Nyeri asimetris, bengkak, peradangan; sendi-sendi utama berubah bentuk dan kaku di pagi hari (tidak kurang dari 30 menit)

Rheumatoid arthritis

Usia rata-rata penderita: 15-50 tahun.

Penyebab: Kekebalan yang abnormal.

Gejala: Nyeri simetris di persendian kecil; nyeri dapat disertai dengan kaku di pagi hari (tidak lebih dari 1 jam).

Encok

Usia rata-rata penderita: Akhir usia pertengahan kaum pria.

Penyebab: Pengendapan asam urat.

Gejala: Hot flashes (serangan panas) pada sendi kaki dan lutut; nyeri akut akibat mengonsumsi daging dan alkohol yang berlebihan.

Untuk menghindari masalah yang serius, segera ambil tindakan medis ketika mengalami gejala tersebut di atas.(Epochtimes/Ajg)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular