Pada Selasa (12/1/2016), kawasan wisata di Istanbul, Turki dekat Masjid Biru tiba-tiba terjadi ledakan cukup besar. Saksi mata menuturkan sedikitnya 10 orang tewas dan 15 orang lainnya luka-luka.

Menurut The Independent bahwa ledakan itu terjadi di Lapangan Sultan ahmed. Di sana terdapat sebuah bangunan masjid bersejarah dan gereja besar Hagia Sophia yang sudah lama menjadi kawasan wisata terkenal di Istanbul, Turki. Saat ini, polisi telah memblokir kawasan itu.

Seorang pejabat kepolisian yang terlibat dalam evakuasi wisatawan mengatakan : “Kami sedang mengambil langkah-langkah untuk mencegah ledakan kedua.” Stasiun televisi Turki AHaber dalam siarannya menyebutkan bahwa ledakan itu mungkin diakibatkan oleh bom bunuh diri, namun pernyataan itu belum mendapat konfirmasi dari pihak berwenang.

Seorang pekerja wanita yang bekerja di toko barang-barang antik dekat lokasi kejadian kepada wartawan Reuters mengatakan : “Ledakan terjadi cukup dasyat, sehingga getarannya bisa kita rasakan. Kita semua terkejut dan lari keluar untuk mengetahui apa yang terjadi. Di luar sana, saya melihat darah berceceran dan anggota tubuh yang hancur betebaran.”

Kaum Kurdi, militan Islam dan anggota sayap kiri semua pernah menyerang Turki. Pemerintah Turki juga menjadi target serangan organisasi ekstremis IS. (Sintra/asr)

Share

Video Popular