- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Kebiasaan untuk Menjaga Kebersihan Rumah

Kebersihan pangkal dari kesehatan adalah istilah yang sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Dan kebiasaan hidup bersih, penting untuk kesehatan tubuh kita dan juga semua anggota keluarga. Menjaga kebersihan rumah selain baik untuk kesehatan, juga dapat menambah kenyamanan dan keindahan rumah bagi semua anggota keluarga.

Berikut, beberapa cara untuk menjaga kebersihan rumah.

Merapikan tempat tidur

Setelah bangun pagi, Anda sebaiknya dapat membiasakan diri untuk selalu merapikan tempat tidur Anda. Merapikan seprei dan menyusun bantal Anda. Ini adalah salah satu kebiasaan kecil dan jika diikuti setiap hari, akan dapat membantu membuat rumah Anda terlihat rapi dan indah juga.

Membersihkan dapur

Menjaga kebersihan dapur dengan mengganti wadah tempat bumbu yang kotor, setelah memasak dapat membantu membuat tampilan rumah Anda menjadi indah dan bersih juga.

Menempatkan sepatu di luar rumah

Biasakan untuk menempatkan sepatu dan sandal, di depan pintu rumah setelah Anda kembali dari berpergian. Cara ini dapat membantu menjaga kesehatan tubuh Anda, karena sepatu adalah salah satu sumber penyebaran kuman penyakit di rumah Anda.

Jangan membiarkan sampah menumpuk

Jangan biarkan sampah berada di sekitar rumah dalam waktu yang lama, akan mengundang para tamu yang tak diinginkan seperti kuman dan hewan pengerat. Bersihkan bak tempat sampah bisa sekali dalam seminggu dengan larutan cuka dan jus lemon.

Merapikan rumah saat akan pergi

Membersihkan dan marapikan rumah saat Anda akan pergi bukan meninggalkan rumah dalam keadaan kotor dan berantakan, adalah salah satu kebiasaan yang membantu untuk menjaga rumah Anda terlihat indah dan bersih.

Memberi tugas kerja untuk anggota keluarga

Untuk menjaga rumah Anda tetap bersih dan rapi setiap saat, yang terbaik adalah untuk menetapkan pekerjaan untuk setiap anggota keluarga. Kebiasaan ini selain menghemat waktu juga membantu setiap keluarga untuk memahami makna tanggungjawab.

Jangan menumpuk pakaian kotor

Jangan biarkan pakaian kotor menumpuk. Biasakan untuk mencuci pakaian dua kali dalam seminggu.

Mencuci peralatan setelah makan

Bersihkan semua peralatan setelah makan malam. Jangan biarkan piring dan peralatan lainnya, menumpuk di wastafel dapur Anda semalaman, demi kebersihan dan kesehatan Anda juga.(Anai)