Minyak Lavender adalah ramuan yang paling serbaguna, minyak esensial ini digunakan untuk kosmetik dan dengan tujuan terapeutik yang tak ada habisnya. Minyak ini memiliki aroma bunga-herba yang menenangkan dan menyegarkan untuk pikiran dan tubuh.

Berikut adalah bagian ke-2 dari penggunaan minyak lavender.

6. Meredakan rasa sakit

Minyak lavender memiliki penghilang rasa sakit serta sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa sakit, pembengkakan dan peradangan. Anda dapat menggunakannya untuk mengobati sakit otot, nyeri kaki, nyeri arthritis dan bahkan sakit punggung.

Dalam studi tahun 2006, pasien yang menerima oksigen dengan aromaterapi lavender setelah menjalani operasi biopsi payudara mengalami pengurangan nyeri yang signifikan. Penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Sakit Praktek.

Cara:

Memijat secara teratur dengan minyak zaitun dicampur dengan beberapa tetes minyak lavender dapat meredakan dari nyeri sendi dan otot.

Tambahkan beberapa tetes minyak lavender untuk menghangatkan air mandi dan berendam di dalamnya selama 10 sampai 15 menit untuk menghilangkan rasa sakit dan nyeri.

7. Mengobati oleh infeksi stafilokokus

Infeksi stafilokokus disebabkan oleh bakteri staphylococcus dapat diobati dengan minyak lavender karena sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang kuat. Bakteri staphylococcus dapat menyebabkan sejumlah masalah kulit termasuk bisul, impetigo, dan selulitis.

Cara:

Titieskan 2 atau 3 tetes minyak lavender pada kapas dan oleskan pada daerah yang terkena. Biarkan selama 30 menit sebelum mencucinya. Ulangi dua kali sehari selama beberapa hari.

Pilihan lain adalah untuk mencampur beberapa tetes minyak lavender dalam 1 sendok teh gel lidah buaya dan menerapkannya pada daerah yang terkena. Biarkan selama 1 jam sebelum membilasnya dengan air hangat. Gunakan obat ini dua kali sehari selama beberapa hari.

8. Menghilangkan bau tak sedap

Aroma wangi dari minyak esensial lavender dapat membantu menghilangkan bau badan serta bau yang tidak menyenangkan di dapur , kamar mandi, kamar tidur dan ruang tamu.

Plus, bila digunakan sebagai penyegar udara, itu tidak akan menyebabkan sakit kepala atau masalah pernapasan seperti beberapa penyegar udara berbasis kimia.

Cara:

Untuk menghilangkan bau badan, tambahkan beberapa tetes minyak lavender ke air mandi Anda atau shower gel.

Masukkan beberapa tetes minyak lavender dalam botol semprot berisi air. Semprot yang diperlukan pada area tubuh yang mudah berkeringat.

Untuk menjaga rumah Anda berbau segar, tambahkan beberapa tetes minyak esensial ini untuk humidifier.

Masukan beberapa tetes minyak ini dalam stoples diisi dengan secangkir ½ baking soda. Tutup lobang stoples dengan kertas dan lubangi dengan garpu. Tempatkan di kamar tidur atau dapur.

9. Anti serangga

Minyak lavender bekerja sebagai pengusir serangga alami untuk membantu menjaga serangga seperti kutu, nyamuk, kumbang hitam, ngengat, dan lalat menjauh dari Anda.

Cara:

Oleskan beberapa tetes minyak lavender di titik denyut nadi Anda sebelum pergi di luar ruangan untuk mencegah serangan serangga. Sebelum menerapkan minyak langsung ke kulit Anda, lakukan tes patch untuk memeriksa apakah itu sesuai kulit Anda. Tidak seperti minyak esensial lainnya, minyak lavender adalah lembut dan sering digunakan langsung pada kulit. Namun, jika hal itu menyebabkan iritasi kulit campurkan beberapa tetes minyak lavender dengan minyak dasar seperti minyak bunga matahari dan dengan lembut gosokkan pada kulit Anda.

Tetes minyak lavender pada bola kapas dan memasukkannya ke dalam lemari dan laci linen untuk menghindarkan serangga dan ngengat. Juga, Anda dapat menambahkan lavender dan minyak esensial lainnya pada anti serangga buatan Anda.

10. Meningkatkan pertumbuhan kembali rambut (alopecia areata)

Alopecia areata, penyakit auto-imun yang menyebabkan rambut rontok dan kebotkan , bisa diobati dengan minyak esensial lavender.

Sebuah studi 1998 yang diterbitkan di Archives of Dermatological Research menunjukkan bahwa minyak lavender digunakan bersama dengan minyak esensial lain seperti thyme, rosemary dan kayu cedar adalah pengobatan yang efektif untuk alopecia areata.

Cara:

Campur beberapa tetes minyak esensial lavender dengan 2 sendok makan minyak jojoba atau minyak dasar lainnya.

Menggunakannya untuk memijat kulit kepala Anda setiap hari selama beberapa bulan untuk melihat pertumbuhan kembali rambut.

Peringatan

Meskipun minyak lavender dianggap aman untuk digunakan pada kulit, selalu melakukan tes patch untuk mengantisipasi kemungkinan reaksi alergi. Juga, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan minyak ini selama kehamilan.

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular