Segala sesuatu dalam hidup yang berharga pasti membutuhkan usaha. Semakin banyak usaha yang Anda lakukan, biasanya semakin banyak mendapatkan hasil. Kesabaran dan ketekunan tentu diperlukan saat Anda mengambil langkah untuk menjadi lebih sehat dan bugar. Kebugaran tidak berarti harus mampu lari maraton. Kebugaran adalah kombinasi dari elemen yang berbeda. Tentu saja, kebugaran kardiovaskular sangat penting. Kebugaran mental juga jadi bagian penting dari kehidupan yang sehat.

Berikut 4 langkah sederhana untuk meningkatkan kebugaran kardiovaskular.

Star jumps

Libatkan otot perut dalam. Bersamaan, melompatlah dengan kedua kaki melebar ke samping, angkat lengan di atas kepala. Melompatlah kembali saat lengan turun ke pinggul. Saat melompat, daratkan kaki dan lutut dengan lembut sehingga tidak melukai sendi. Ulangi sebanyak 50 kali.

High-knee running

Berlari di tempat dengan mengangkat lutut setinggi mungkin. Pompa tangan Anda di sisi Anda untuk memberi semangat pada tubuh Anda. Berlari secepat mungkin selama 30 detik sampai 1 menit.

Puddle jumps

Bayangkan Anda melompati genangan air besar dan Anda tidak ingin sepatu Anda basah. Mulailah dengan satu kaki, melompat di atas genangan air, dan mendarat di kaki yang lain. Melompatlah selebar mungkin dan tetap serendah mungkin agar benar-benar terasa pada kaki Anda. Lakukan secepat mungkin selama 30 detik sampai 1 menit.

Squat jumps

Lakukan squat paralel dasar. Ketika Anda berjongkok sampai ke titik terendah, melompatlah. Ini adalah gerakan plyometric, yang berarti menggabungkan kekuatan, kekuasaan, dan gerakan eksplosif. Gerakan ini cukup intens tapi merupakan gerakan pembakar lemak dan pembentuk tubuh yang besar. Jika gerakan ini terlalu sulit bagi Anda, cobalah dengan berjinjit bukan melompat. Ulangi 20 – 30 kali.

Ulangi keempat latihan ini secara berturut-turut, dua atau tiga kali. Seiring dengan peningkatan kebugaran, Anda dapat melakukan urutannya lebih banyak.

Pilih beberapa latihan kekuatan dari minggu-minggu sebelumnya dan cobalah bergantian antara latihan kardio dengan latihan kekuatan agar mendapatkan hasil latihan interval yang bagus. (Feb/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular