Erabaru.net. Seorang kakek berusia 85 tahun warga kota Anshan Liaoning, karena terdorong emosi menggunting-gunting uang kontan RMB. 140.000,- hasil penjualan rumahnya.

Putra dan menantu kakek bermarga Chen itu terpaksa menghabiskan waktu sampai 3 bulan untuk mencari-cari dari tumpukan potongan uang yang cocok untuk disambung kembali.

Menurut laporan media Tiongkok, mengingat usianya yang sudah senja, kakek Chen sejak beberapa tahun lalu dibawa ke rumah baru yang letaknya tak jauh dari tempat tinggal putranya. Karena itu, rumah lama kakek Chen kemudian dijual dan uang hasil penjualannya yang sebesar RMB. 200.000,- itu diserahkan oleh putranya kepada kakek untuk disimpan sendiri.

Suatu hari di bulan Oktober tahun lalu, ketika putranya mendatangi rumah kakek Chen untuk membantu membuatkan makanan, kakek Chen tiba-tiba teringat akan sesuatu kemudian berkata : “Oh ya ! Kalian sekarang sudah tidak perlu lagi mengambil pusing soal uang hasil penjualan rumah itu. Itu sudah habis saya gunting !”.

Atas petunjuk ayahnya, Chen junior menemukan sebuah kerdus yang dalamnya berisi setumpuk potongan kecil-kecil uang kertas.

Setelah diteliti ternyata RMB. 140.000,- dari RMB. 200.000,- yang ‘habis dimakan gunting’.

Ia kemudian pergi ke Bank untuk menanyakan tentang cara untuk memperoleh kembali nilai dari uang yang terpotong-potong itu.

Ia juga memberikan usulan bagaimana jika potongan uang itu disambung setelah dicocokkan ala bermain puzzle kemudian difotokopi satu per satu sebagai bukti.

Putra serta menantu Chen terpaksa meluangkan waktu untuk ‘bermain puzzle’ selama 3 bulan, mengumpulkan 1.080 lembar uang pecahan Rmb.100-an.

Melalui prosedur relevan yang dikeluarkan oleh departemen terkait, pada 11 Januari lalu, uang sejumlah itu sudah tercair.

Banyak netizen memberikan komentar beraneka ragam, netizen bernama ‘Yuan’ mengatakan : “Mungkin ada sesuatu yang salah yang ingin dikeluhkan kakek Chen itu.

Rasanya tidak mungkin orang tua yang dulunya rata-rata mengalami kesengsaraan hidup, akan tega menggunting-gunting uang hasil simpanannya kalau tidak terjadi sesuatu !”.

Netizen bernama ‘Qingyang’ bingung, “Apa gerangan yang membuat sang kakek begitu emosi sampai menggunting-gunting uang hasil keringatnya?”

Ada juga netizen dengan nada gurau mengatakan : “Putra dan menantunya disodori permaian puzzle oleh sang kakek untuk mengisi waktu senggang”. Ada-ada saja. (Sinatra/asr)

Share

Video Popular