Alarm model baru untuk membangunkan orang dari tidurnya itu bukan dengan suara dering seperti pada umumnya tapi dengan aroma kopi seperti yang terlihat dalam ajang CES di LAS Vegas, Amerika Serikat. (Screenshot Video)

Pada ajang Consumer Electronics Show (CES) 2016 di Las Vegas, AS, baru-baru ini tampak sebuah alarm Sensorwake beraroma kopi yang digunakan untuk membangunkan orang dari tidurnya. Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan suara dering atau barangkali tidak ada yang bisa membantu membangunkan dari tidur yang nyenyak, alarm model baru ini mungkin menjadi pilihan yang bisa dipertimbangkan.

Alarm yang diberi nama SensorWake ini, diciptakan oleh Guillaume Rolland seorang mahasiswa asal Perancis, karena ia tidak suka dengan suara alarm, maka dirancanglah alarm ini untuk menjadi cara yang efektif dan santai agar bisa bangun di pagi hari. Alarm ini sekilas tampak seperti oven pemanggang roti, pengguna harus memasukkan kapsul aroma ke dalam celah yang terletak di bagian atasnya. Alaram ini baru bisa memancarkan aroma sesuai dengan waktu yang ditentukan. Setiap kapsul dapat digunakan untuk memancarkan aromanya 30 kali, artinya perlu diganti setelah digunakan sekitar satu bulan.

Terkait bisa tidaknya alarm beraroma ini membangunkan penggunanya seperti alarm tradisional? produen Sensorwake mengklaim, bahwa efeknya sama seperti alarm pada umumnya, dan 99% dalam waktu 2 menit dapat membangunkan orang yang tidur. Namun, penelitian sebelumnya justru menyebutkan bahwa efek membangunkan orang tidur dengan aroma ini mungkin tidak begitu efektif.

Pada 1997 silam, petugas pemadam kebakaran di Alabama, AS, pernah melakukan penelitian terkait untuk melihat apakah orang-orang yang tertidur itu bisa bangun atau tidak ketika disuguhkan dengan aroma asap, jeruk dan aroma lain. Hasilnya ditemukan hanya ada 2 di antara 10 orang yang tertidur itu bangun/terjaga pada saat mencium aroma.

Tapi rancangan Sensorwake memiliki mekanisme untuk memastikan bahwa orang yang tertidur pulas sekalipun juga akan terjaga/bangun dari tidurnya, atau dengan kata lain jika dalam waktu 3 menit belum bangun juga setelah mencium aroma, maka alarm Sensorwake ini akan mengaktifkan nada alarm biasa. Untuk saat ini, Sensorwake tersedia dalam 6 jenis aroma, selain aroma kopi, juga ada aroma cokelat dan roti croissant dan aroma lainnya. Produk ini sekarang dapat dipre-order di website, dan pengiriman diperkirakan pada semester pertama tahun ini. (Jhon/asr)

Share

Video Popular