Meskipun gejala rinitis biasanya tidak mengancam jiwa, tapi mereka dapat sangat mengurangi kualitas hidup, dan menyebabkan gangguan kerja maupun sekolah. (iSTOCK)

Oleh: dr. Soe Hyo – Seok

Jika Anda atau orang yang menderita alergi dan sering pilek, mungkin tahu bahwa gejalanya bisa jadi akan sangat mirip, seperti hidung tersumbat atau berair (meler), bersin, dan mata berair. Apa yang kebanyakan orang tidak tahu adalah pilek maupun alergi adalah jenis kondisi yang disebut rhinitis. Rhinitis adalah seperangkat gejala akibat peradangan pada selaput lendir di hidung.

Dalam rhinitis alergi, gejala yang ditimbulkan oleh reaksi sistem kekebalan tubuh yang berlebihan terhadap zat yang tidak berbahaya. Flu umum adalah jenis rhinitis non-alergi yang disebut rhinitis virus, dimana gejala terjadi dikarenakan infeksi oleh virus.

Rhinitis alergi memengaruhi sekitar 50 juta orang di Amerika Serikat, menurut American College of Asthma, Allergy and Immunology. Meskipun tidak ada statistik yang pasti tentang rhinitis non-alergi, akan tetapi diperkirakan telah memengaruhi jutaan jiwa, dan salah satu kondisi yang paling umum didiagnosis oleh dokter perawatan primer dan THT (telinga, hidung, dan tenggorokan).

Meskipun gejala rhinitis biasanya tidak mengancam jiwa, tapi mereka dapat sangat mengurangi kualitas hidup, dan menyebabkan gangguan kerja maupun sekolah.

Yang benar-benar disesalkan bagi penderita kronis dari beberapa jenis rhinitis adalah, banyak dokter percaya itu tidak bisa disembuhkan. Akan tetapi, saya telah menemukan bahwa ia dapat disembuhkan, dan saya akan menjelaskan bagaimana hal itu terwujud.

Mengapa banyak pengobatan gagal

Alergi dan rhinitis non-alergi juga memiliki perbedaan gejala. Flu biasa dapat disertai dengan demam dan sangat menular, sementara rhinitis alergi tidak disertai demam, juga tidak menular.

Pengobatan modern merawat rhinitis dengan cara yang berbeda, tergantung pada apakah alergi atau non-alergi, akan tetapi akar dari kedua jenis tersebut terletak pada reaksi dari sistem kekebalan tubuh, jadi saya akan mengobati keduanya dengan cara sama menggunakan pengobatan Korea.

Karena virus flu biasa telah bermutasi menghasilkan lebih dari 200 jenis yang berbeda, maka tidak ada cara untuk memvaksinasi menangkalnya. Vaksinasi flu yang dimungkinkan terjadi karena adanya sedikit turunan dari virus flu. Vaksinasi dapat melatih sistem kekebalan tubuh untuk mengenali virus yang disuntikkan, sehingga akan mampu melawan virus yang sama jika menemukan nanti.

Namun tak peduli Anda terinfeksi dengan flu biasa atau flu virus, jika sistem kekebalan tubuh sehat dan kuat, maka tidak akan ada kebutuhan untuk melatihnya lebih lanjut, dan masih akan dapat melawan infeksi.

Tetapi jika sistem kekebalan tubuh lemah, dan flu biasa tidak ditangani dengan baik, virus akan membangun dirinya dalam tubuh menyebabkan hidung tersumbat dan gejala tidak nyaman lainnya.

Meskipun jumlah pasien yang mengunjungi dokter karena rhinitis yang terkait infeksi virus atau alergi meningkat setiap tahun, dan hanya sejumlah kecil pasien yang benar-benar sembuh dari penyakitnya. Hal ini dikarenakan pengobatan hanya ditujukan untuk mengurangi gejala tanpa mengobati penyebab mendasar.

Pengobatan khas bagi penderita alergi, adalah rekomendasi agar pasien menghindari zat yang bisa memicu reaksi alergi. Untuk gejala seperti pilek dan bersin, pasien mungkin akan diberi antihistamin atau steroid untuk menekannya.

Namun, pengobatan tersebut hanya dapat mengurangi gejala untuk waktu singkat.

Selain itu, antihistamin dan steroid memiliki risiko efek samping yang serius. Meskipun antihistamin lebih kecil pengaruhnya dari steroid, namun pasien dapat membangun ketahanan terhadap mereka jika digunakan berulang kali.

Steroid diresepkan untuk mengurangi gejala akibat rhinitis dengan segera. Namun, steroid menekan pembuangan zat-zat yang harus dikeluarkan dari tubuh, dan mendorongnya lebih dalam ke dalam tubuh. Dengan demikian, akibat menggunakan steroid akan membuat tubuh menjadi tangki penyimpanan masalah sampah.

Dengan demikian, kesehatan tidak benar-benar bisa disembuhkan, dan pasien akan hidup dalam siklus sakit yang berulang dan pengentasan gejala yang sementara. Karena pengobatan modern hanya sibuk menyingkirkan gejala saja, bukan memecahkan penyebab mendasar dari masalah.

Untuk memecahkan masalah mendasar, akar penyebab dalam sistem kekebalan tubuh harus dipahami dengan benar dan diperbaiki.

Kunci penyembuhan

Beberapa dokter mengatakan bahwa gejala yang berhubungan dengan rinitis tidak dapat disembuhkan tetapi hanya dapat ditangani. Namun, saya mengatakan dengan yakin bahwa mereka dapat tuntas disembuhkan. Bahkan, mereka bisa disembuhkan dengan sangat baik.

Saya menemukan bahwa solusinya terletak pada kesehatan paru-paru. Secara sekilas, mungkin tidak jelas bagaimana alergi dan pilek dipengaruhi oleh paru-paru. Namun, hubungan mereka dapat mudah dipahami jika Anda memahami bagaimana paru-paru memengaruhi berbagai bagian tubuh lainnya.

Paru-paru yang sehat mampu memulihkan kesehatan amandel, yang pada gilirannya berhubungan dengan perbaikan dan memperkuat imunitas. Dengan memperkuat paru-paru, saya telah membantu banyak pasien gejala rhinitis, terbebas dari penderitaan mereka, dan juga tidak pernah kambuh lagi.

Ketika pasien seperti ini menjalani perawatan selama lebih dari lima bulan dengan pengobatan herbal Korea yang bertujuan memperkuat paru-paru, hidung tersumbat mereka serta penyakit pernapasan lainnya seperti asma, juga tidak akan terulang kembali. Hal ini dimungkinkan karena kesehatan amandel bias dipulihkan melalui penguatan fungsi paru.

Ketika hidung tersumbat, orang secara alami akan bernapas melalui mulut, yang dapat menyebabkan amandel menjadi terinfeksi dan membengkak.

Ketika amandel menjadi sehat, sistem kekebalan tubuh dapat melakukan tugasnya dengan baik. Bahkan, amandel memainkan peran yang lebih penting dalam sistem kekebalan tubuh daripada yang dibayangkan orang pada umumnya.

Amandel adalah sepasang gumpalan jaringan lunak yang merupakan bagian dari sistem getah bening. Lokasinya ada di tenggorokan dan perannya sangat penting, karena tenggorokan adalah bagian yang mengarah ke sistem kardiovaskular. Amandel yang terletak di bagian ini membantu sistem kekebalan tubuh, dengan memproduksi antibodi.

Ketika amandel dalam kondisi sehat, maka sel darah putih (leukosit) yang sehat diproduksi dalam jumlah besar untuk menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, amandel yang sehat, membuat kita tidak akan menderita sakit tenggorokan atau infeksi sinus dan dapat mencegah semua jenis rhinits secara alami.

Biarkan tubuh menyembuhkan dirinya sendiri

Ketika amandel sehat, juga akan mengembalikan kemampuan diskriminatif dari sistem kekebalan tubuh, dan zat pemicu alergi yang diinduksi sebelumnya, tidak akan lagi memengaruhi Anda.

Kemampuan diskriminatif ini mengacu pada kemampuan tubuh untuk membedakan apakah suatu zat atau sinyal tertentu berbahaya atau tidak. Jika kemampuan diskriminatif rusak, maka akan muncul reaksi hipersensitif terhadap zat-zat yang tidak berbahaya bagi tubuh.

Sebagai contoh, reaksi hipersensitif terhadap serbuk sari bunga, debu rumah, atau makanan tertentu adalah hasil dari degradasi pada kemampuan diskriminatif dari sistem kekebalan tubuh.

Dengan hanya menghindari zat yang menyebabkan alergi bukanlah cara terbaik untuk mengobatinya. Justru sebaliknya, yang penting agar tubuh mampu mengenali zat-zat yang aman dan tidak bereaksi berlebihan terhadapnya.

Ketika kemampuan diskriminatif dari sistem kekebalan tubuh membaik, secara akurat akan membedakan zat berbahaya dari yang aman dan segera mengambil tindakan untuk menghentikan infiltrasi zat berbahaya ke dalam tubuh.

Dengan demikian, hal yang mendasar untuk mengobati semua jenis rhinitis adalah menciptakan kondisi terbaik bagi sel darah putih untuk melindungi tubuh dari serangan eksternal, yang dimulai dengan mengembalikan fungsi paru-paru.

Fungsi paru-paru dapat diperkaya melalui latihan aerobik, seperti mendaki gunung, berenang, dan bersepeda, serta perawatan dengan herbal yang bertujuan untuk memurnikan paru-paru.

Bagi orang yang belum banyak menggunakan obat steroid, setelah sekitar dua bulan pengobatan, kesehatan amandel biasanya dipulihkan, dan masuk angin dapat dicegah. Setelah tiga bulan pengobatan, gejala rhinitis dapat diselesaikan tuntas.

Setelah empat bulan, gejala seperti pilek; bersin; hidung tersumbat; hidung meler; batuk; dahak; dan gatal di hidung, mata, telinga, dan langit-langit mulut bisa dikurangi, dan pada saat ini orang bahkan dapat melihat perbaikan pada asma.

Dengan perawatan ini, tubuhlah yang memainkan peran utama, dengan demikian penyembuhan adalah dimungkinkan. (Ajg)

Dr. Seo Hyo Seok adalah direktur Rumah Sakit Pengobatan Pyunkang Korea, yang memiliki tujuh cabang di Korea Selatan, satu di Stanton University, California, dan satu lagi di Atlanta, keduanya di AS. Dr. Seo termasuk peringkat atas dari Kyung Hee University, Korea, dan telah bertahun-tahun melakukan penelitian untuk mengembangkan formula herbal Pyunkang-Hwan, yang dapat meningkatkan kekebalan dengan memperkuat fungsi paru-paru. Ia telah membantu penyembuhan lebih 155.000 pasien dari berbagai kondisi.

Share

Video Popular