Keterangan foto: 2 orang remaja perempuan Inggris kelahiran India masing-masing memiliki IQ 162, melampaui Albert Einstein dan Stephen Hawking. Gambar adalah salah satu dari mereka yang bernama Kashmea Wahi. (video screenshot)

Oleh Xu Jiadong

Semua orang pasti setuju dengan pendapat bahwa Albert Einstein atau Stephen Hawking adalah manusia cerdas dunia. Sekarang, 2 orang remaja putri berusia 11 tahun kelahiran India yang sudah menetap di Inggris ternyata memiliki IQ 162 melampaui kedua manusia super itu.

Menurut harian Independent, salah seorang remaja kelahiran Mumbai, India yang bernama Kashmea Wahi memperoleh skor 162 dalam uji IQ Cattell 3B di Mensa International (organisasi dunia bagi orang-orang yang memiliki IQ tinggi). Sedangkan skor untuk tes yang sama bagi Einstein dan Hawking hanya 160.

Skor tertinggi bagi orang dewasa dalam tes kepribadian R.B. Cattell 3B adalah 161, bagi remaja di bawah usia 18 tahun paling tinggi adalah 162. Bila skor tes berselisih hanya 2 % dari skor rata-rata anggota atau tidak kurang dari 148, maka yang bersangkutan bisa diterima sebagai salah satu anggota Mensa. Dalam hal ini, Kashmea termasuk salah satu dari 1 % anggota dengan IQ tinggi di Mensa.

Kashmea tidak ingin dirinya dibandingkan dengan Einstein atau Hawking. Itu tidak pernah terpikirkan, lagi pula ia juga belum memiliki pestasi yang dapat dibanggakan seperti mereka. Namun, ia mengaku gembira bisa memperoleh hasil tes yang bagus.

Situs India Times dalam laporannya menggatakan bahwa kedua orang tua Kashmea terlibat dalam urusan konsultasi manajemen IT. Kashmea mengikuti tes IQ semata-mata sebagai ‘protes’ terhadap orang tuanya yang memaksa Kashmea menggunakan lebih banyak waktu untuk membaca buku. Akhirnya ia pergi untuk mencoba mengikuti tes setelah mengenal Mensa lewat iPad.

Kedua orang tua Kashmea tentu sangat gembira atas perolehan hasil tes IQ anaknya yang telah mendapat konfirmasi dari Mensa. Berharap Kashmea bisa berprestasi di masa datang berguna bagi manusia.

Kashmea tahun lalu pernah bersama teman kelasnya mengikuti perlombaan matematika Olimpiade Oxford dan menggondol juara ketiga. Selain itu, ia juga memenangkan medali catur internasional.

Remaja putri lainnya yang juga memperoleh skor tes IQ 162 adalah Anushka Binoy (11 tahun), kepada BBC ia mengatakan, “Saya sempat terkejut ketika memasuki ruang tes. Karena orang-orang yang berrada di dalam semua sudah dewasa, saja jadi merasa tegang. Tetapi begitu tes dimulai, saya merasakan (bahan tes) ternyata lebih mudah.”

Ketika ditanya soal masa depannya, Anushka menjawab bahwa sampai sekarang ia belum menentukan apakah bisa jadi seorang dokter, atau menulis buku sebagai profesinya. (sinatra/rmat)

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular