Erabaru.net. Para peneliti menemukan bahwa dengan mengonsumsi satu buah pir atau minum jus hangat seusai makan dapat mengeluarkan sejumlah besar racun yang terakumulasi di dalam tubuh.

Sementara itu para ahli menyarankan, bahwa orang-orang sekarang yang gemar makan makanan yang dipanggang, digoreng, atau makanan cepat saji, maka dengan mengonsumsi satu buah pir seusai makan merupakan gaya hidup sehat yang layak dijalankan.

Pir adalah master dari selaksa buah-buahan

Pir rasanya manis disertai dengan sedikit rasa asam, bersifat dingin, tidak beracun. Berkhasiat dalam meredakan batuk, melembabkan paru-paru dan menyejukkan hati, menurunkan panas dalam, mengurangi radang, juga efektif dalam menawar racun, mengencerkan dan menghilangkan dahak. Pir mengandung kadar air yang tinggi, dan sejumlah glukosa, sukrosa dan vitamin A, B, C, D, E serta mengandung serat dan kalsium, fosfor, zat besi, yodium, kalium dan mikronutrien lainnya.

Pir memiliki sejumlah protein, lemak, karoten, vitamin B1, B2 dan asam malat. Dapat menjaga kesehatan sel-sel tubuh, membantu detoksifikasi organ, memurnikan tubuh, melembutkan pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah dan mengirim kalsium ke tulang, memperkuat kalsium tulang.

Tapi makan pir harus dikunyah dan ditelan perlahan baru bisa dimanfaatkan dan diserap saluran pencernaan dengan lebih baik, sehingga dapat memberi efek yang diinginkan.

Selain itu, meskipun buah pir itu manis, tapi kadar kalori dan lemaknya rendah, bagi orang-orang paruh baya dan orangtua yang selalu mengonsumsi buah pir, dapat membantu memurnikan organ tubuh, melembutkan pembuluh darah.

Buah pir juga memiliki efek terapi tertentu terhadap anoreksia (gangguan makan yang dipicu oleh masalah psikologis bersangkutan), dyspepsia (gangguan pencernaan), enteritis (radang usus), faringitis kronis dan penyakit lainnya.

Namun, para ahli mengingatkan, meskipun pir adalah buah yang banyak manfaatnya bagi kesehatan, tetapi juga tidak boleh makan berlebihan, bagi mereka yang batuk pilek, abdominal pain (rasa sakit di perut), lemah limpa dan mencret serta wanita bersalin sebaiknya hati-hati saat makan buah ini.

Selain itu, pir juga berefek sebagai diuretic, Karena itu bagi mereka yang sering buang air kecil di malam hari sebaiknya jangan makan terlalu banyak menjelang tidur.

Pir lebih banyak mengandung asam folat, bagi mereka yang memiliki asam lambung tinggi sebaiknya jangan makan terlalu banyak.

Berikut 9 manfaat minum jus buah pir di musim dingin.

1. Melembabkan paru-paru, meredakan batuk, mengencerkan dan menghilangkan dahak, menutrisi darah.

Jus buah pir rasanya manis bercampur sedikit asam, berkhasiat melembabkan paru-paru, meredakan batuk, mengencerkan dan menghilangkan dahak, menutrisi darah, dan juga efektif dalam mengatasi tenggorokan kering, gatal, nyeri, suara serak, dahak kental dan sebagainya.

2. Meningkatkan gerakan peristaltik di lambung dan usus.

Jus buah pir kaya dengan serat makanan, adalah “pembersih” terbaik bagi lambung dan usus.

Sebagian besar menu di restoran umumnya terkenal karena “rasa” dari masakan, didominasi oleh makanan yang berminyak atau pedas, yang rentan memicu sembelit setelah makan.

Namun, dengan segelas jus buah pir, dapat meningkatkan gerakan peristaltik di lambung dan usus, sehingga bisa mengeluarkan zat-zat berbahaya yang terakumulasi di dalam tubuh, menghindari timbulnya sembelit.

3. Melindungi organ hati, cocok bagi mereka yang suka menenggak minuman keras.

Buah pir mengandung banyak karbohidrat dan vitamin, memiliki efek perlindungan tertentu pada organ hati, jadi sangat cocok bagi mereka yang gemar dengan minuman ber-alkohol (minuman keras).

4. Menurunkan tekanan darah, meredakan panas dalam.

Menurunkan tekanan darah, meredakan panas dalam. Minum jus buah pir secara teratur sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita hipertensi, penyakit jantung, hepatitis, sirosis hati.

5. Membantu organ ginjal mengeluarkan limbah

Membantu organ ginjal mengeluarkan asam kemih dan mencegah gout (asam urat), rematik dan radang sendi.

6. Merangsang nafsu makan, membantu pencernaan

Meningkatkan nafsu makan, membantu pencernaan, dan memperlancar air kemih serta efek antipiretik (menurunkan suhu tubuh), dapat digunakan sebagai pengisi cairan tubuh dan nutrisi saat demam tinggi.

7. Melembabkan kekurangan cairan dalam tubuh.

Memiliki khasiat melembabkan kekurangan cairan tubuh, saat kemarau atau iklim kering, orang-orang biasanya sering merasa kulit gatal, mulut kering dan terkadang batuk sedikit berdahak, saat demikian cobalah minum satu atau dua gelas jus buah pir dapat meredakan kekeringan cairan tubuh.

8. Meringankan iritasi tenggorokan

Bagi perokok, minum jus buah pir dapat meringankan iritasi dari zat berbahaya dalam rokok terhadap tenggorokan, dan saluran pernafasan.

9. Memenuhi cairan tubuh, cocok untuk orang tua.

Jus buah pir mengandung lebih dari 80% kadar air, bagi orang tua yang sering lupa untuk minum air, maka minum jus buah pir adalah pilihan terbaik, karena bisa memenuhi cairan yang dibutuhkan tubuh.(Secretchina/Jhn/Yant)

Share

Video Popular