Seorang insinyur merancang sebuah pesawat penumpang model baru yang dapat menekan korban kecelakaan ketika terjadi kecelakan pesawat di udara. Kabin penumpang pada pesawat model baru yang dirancangnya ini dapat memisahkan diri dari badan pesawat saat terjadi kecelakaan di udara. Setelah terlepas dari badan pesawat lalu melakukan pendaratan darurat dengan parasut, sehingga dengan demikian dapat memastikan keselamatan penumpang.

Konsep pesawat penumpang model baru ini dirancang oleh Vladimir Tatarenko, seorang insinyur di Air Ukraine. Pesawat ini memiliki kabin penumpang model lepas, yang bisa memisahkan dari badan pesawat saat lepas landas dan dalam penerbangan atau saat mendarat.

Karena kabin penumpang dilengkapi dengan parasut, sehingga bisa terbuka secara otomatis setelah terpisah dari badan pesawat. Sementara di bagian bawah kabin juga dilengkapi dengan balon karet yang bisa mengembang untuk meredam benturan saat mendarat di permukaan dan bisa mengapung jika jatuh ke laut. Seperti dikutip Erabaru.net, rancangan ini dapat memastikan penumpang bisa mendarat dengan aman baik di permukaan tanah maupun di permukaan air, sehingga dapat menyelamatkan nyawa penumpang ketika terjadi kecelakaan pesawat yang tidak diinginkan.

Tatarenko, pencetus desain pesawat tersebut, telah melakukan penelitian dan pengembangan terkait selama tiga tahun. “Dengan adanya desain baru ini, masih ada kemungkinan untuk lolos dari maut jika terjadi kecelakaan di udara. Sementara di saat para insinyur pesawat di seluruh dunia sedang mencoba untuk membuat pesawat yang lebih aman. Namun, mereka tidak dapat melakukan apa-apa terkait faktor keselamatan nyawa manusia, pungkas Vladimir Tatarenko, sang desainer pesawat masa depan.

Desain kabin pesawat ini juga termasuk penempatan bagasi di bagian bawah kabin, sehingga barang-barang bawaan penumpang tidak akan hilang meskipun kabin penumpang terlepas dari badan pesawat. Teknologi saat ini menggunakan Kevlar dan karbon komposit untuk badan pesawat, sayap, flaps, spoiler, aileron dan ekor tetap digunakan dalam desain ini. Penggunaan teknologi ini untuk mengkompensasi berat dari sistem pesawat, ujar Tatarenko.

Sementara itu, beragam komentar dipergunjingkan publik saat menyaksikan video terkait rancangan model pesawat baru tersebut, ada yang mendukung desain baru ini. Namun demikian ada juga yang mengangap pesawat itu tidak realistis, bahkan ada yang mempertanyakan keamanannya.

Mereka yang ragu mengatakan, bahwa tidak tertutup kemungkinan kabin penumpang akan menabrak gunung atau bangunan, dan keselamatan pilot juga tidak dapat dijamin. Ada yang mengatakan bahwa dalam jutaan kali penerbangan setiap tahun itu, dimana secara global, hanya kurang dari 500 orang tewas dalam kecelakaan pesawat.

Tampaknya rancangan ini tidak ada manfaatnya secara ekonomi. Meskipun banyak yang meragukan, tapi jajak pendapat yang dilakukan oleh desainer menunjukkan, bahwa 95% responden menyatakan bersedia mengeluarkan lebih banyak uang untuk membeli tiket, untuk naik di pesawat yang aman ini. (Jhon/asr)

https://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=JeSdj7NC7ZE

Share

Video Popular