Oleh : Zhang Ruo-wei (Kepala klinik kedokteran Tiongkok)

Di bawah goncangan karena kegagalan yang bertubi-tubi, banyak kaum wanita mandul acapkali berada dalam kondisi cemas, saraf tegang, sehingga sudah lupa dengan rasa bahagia dan kesenangan hidup.(Fotolia)

Atas dasar pengalaman selama bertahun-tahun dalam hal pengobatan kedokteran Timur (Tiongkok) terkait infertilitas (ketidaksuburan) dan ginekologi. Saya pribadi sangat memahami : Bisa tidaknya pasutri itu hamil, selain perlu mengatasi srukturnya secara fisiologis, dan kemampuan (hamil) dari masing-masing pasangan, hal yang paling penting adalah perasaan dan kebersamaan suami–isteri, khususnya perasaan dari pihak wanita itu acapkali menjadi kunci dari kegagalan atau keberhasilan.

Semakin berkembangnya suatu negara, masalah ginekologi dan infertilitas serius juga akan semakin banyak, sebenarnya ini adalah “penyakit peradaban”. Di bawah beban fisik dan mental maupun energi negatif yang berlebihan, sangat mudah membentuk lingkaran setan! Lantas apa yang dimaksud energi negatif itu ? Sederhana saja, “suasana hati/perasaan yang sedang dilanda “depresi (stres), sedih, dan amarah”! Sekadar catatan, bahwa di bawah goncangan karena kegagalan yang bertubi-tubi, banyak kaum wanita mandul acapkali berada dalam kondisi cemas, saraf tegang, sehingga sudah lupa dengan rasa bahagia dan kesenangan hidup.

Dalam catatan kitab klasik kedokeran Tiongkok “Nei Jing” secara garis besar disebutkan : kondisi batin yang jalin menjalin (perasaan batin yang campur aduk), disertai tekanan perasaan dalam batin dengan pikiran yang bukan-bukan, hingga akhirnya memicu siklus menstruasi menjadi kacau dan tidak menentu, imbasnya menjadi sulit untuk bisa hamil. Kalau begitu, apa saja cara-cara yang baik untuk membantu menjaga energi positif ?

Sehubungan dengan itu, Anda bisa pertimbangkan saran saya berikut ini :

1. Katakan tidak pada junk food.(hindari makanan cepat saji)

2. Perbanyak konsumsi sayuran, terutama sayuran berdaun.

3. Hindari internetan dalam waktu lama di ponsel atau komputer.

4. Jalan-jalanlah (wisata) bersama pasangan saat libur, ganti sejenak suasana yang monoton.

5. Banyak berjemur Matahari, kontak dengan sinar Matahari setidaknya 10 menit setiap hari. (pilih jam/waktu yang bermanfaat dari paparan sinar Matahari).

6. Jauhi laporan/berita negatif, misalnya berita atau drama/telenovela (TV/film) yang tidak sehat.

Cara-cara tersebut di atas adalah cara yang baik dalam mengganti “energi negatif”. Bagi mereka yang mudah terperangkap dalam suasana hati yang labil (tidak mood), metode di atas bisa dicoba!(Epochtimes/Jhn/Yant)

Share
Kategori: KESEHATAN

Video Popular