Daripada bersusah payah dengan melaparkan diri yang secara otomatis akan menurunkan proses metabolisme tubuh Anda, lebih baik menikmati minuman-minuman sehat ini sepanjang hari, karena bisa mendorong metabolisme secara alami. Setiap kali mendambakan junk food atau karbohidrat, minum salah satu dari minuman ini sebagai penggantinya.

Minuman yang disebutkan di bawah ini bisa meningkatkan metabolisme secara alami.

1. Kopi

Segelas kopi sehari dapat menjadi kebiasaan yang sehat, namun ini berlaku jika Anda untuk tidak menambahkan gula. Bisa juga ditambahkan dengan rempah-rempah seperti kayu manis, kakao, almond atau susu kedelai organik.

Kafein dalam jumlah kecil akan meningkatkan mood dan membantu perut membersihkan kotoran. Tapi jangan dikonsumsi secara berlebihan, karena kopi bersifat asam dan kondisi terbaik tubuh kita ketika ph seimbang. Terlalu banyak mengonsumsi kopi mudah merusak keseimbangan tersebut. Oleh karena itu, kita lebih membutuhkan minuman alkali, bukan asam.

2. Air putih

Mungkin ini terasa agak membosankan. Air dapat menghidrasi sel-sel dan mengisinya dengan cepat, terutama air mineral. Cobalah tambahkan lemon, kulit jeruk atau mentimun, sebagai selingan agar air putih tetap menarik bagi Anda. Atau bisa menambahkan kelopak bunga, akar manis (licorice), biji buah delima dan goji beri.

Waspadalah terhadap minuman artifisial rasa dalam botol kemasan, karena banyak yang ditambahkan dengan pemanis buatan seperti sucrolose. Studi menunjukkan, bahwa pemanis buatan dapat mengelabui sel-sel Anda sehingga menjadi ketagihan gula. Beberapa air kemasan mengklaimnya sebagai basa (alkaline), ini bisa menjadi alternatif yang baik jika Anda bisa memverifikasi klaim tersebut.

3. Jus sayuran segar

Salah satu cara termudah dan sehat untuk membersihkan kelebihan lemak adalah jus sayuran pembersih lemak. Baik Anda sedang melakukan diet ketat ataupun baru mulai memasukkan ke dalam menu harian, jus ini adalah tambahan yang bagus. Apabila tidak memiliki juicer, Anda bisa membelinya di gerai atau resto makanan kesehatan.

Tinggalkan jus veggie dalam botol kemasan, karena sangat sedikit nutrisi yang tersisa di dalam minuman pada saat Anda membelinya. Jus yang baru dibuat adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan nutrisi segar. kelebihanya, ia bisa “mengisi” tubuh dengan cepat.

4. Teh hijau

Teh hijau mengandung anti-oksidan tinggi dan polifenol alami. Tak peduli Anda mengonsumsinya panas atau dingin, teh hijau menjadi minuman alternatif yang baik untuk soda atau minuman dengan pemanis buatan. Teh hijau oolong telah diteliti secara luas karena kemampuannya dalam mengontrol obesitas dan merupakan pilihan terbaik.

Cobalah untuk tidak membubuhkan gula dalam teh Anda. Namun jika Anda tidak bisa melepaskan rasa manis, Anda bisa menambahkan stevia (pengganti gula dari daun stevia rebaudiana) atau pemanis buah alami seperti Lou Han Kuo.

6. Cuka sari apel

Meskipun mungkin bukan pilihan pertama Anda, namun sari cuka apel adalah minuman terbaik yang dapat ditambahkan ke dalam diet Anda untuk beragam alasan menurunkan berat badan. Konsumsi beberapa sendok makan per hari, tergantung pada berat badan Anda, atau bisa dicampurkan dengan air. Cuka sari apel adalah minuman alkalin yang secara luas digunakan untuk membakar lemak, mengurangi pembakaran jantung dan membantu pencernaan. (Epochtimes/Ajg/Yant)

Share

Video Popular