Keterangan gambar: Dalam beberapa minggu mendatang, lima planet di tata surya akan muncul secara bersamaan di langit yang dingin menjelang dini hari, dan bisa disaksikan dengan mata telanjang. (Screenshot Video)

Oleh: Huang Xiao Yu

Dalam beberapa minggu ke depan, jika cuaca cukup baik, lima planet di tata surya akan muncul secara bersamaan di langit yang dingin menjelang dini hari, dan bisa disaksikan dengan mata telanjang. Bagi Morning skywatchers, itu merupakan kesempatan yang tidak boleh dilewatkan.

Dilansir dari “USA Today”, Senin (18/01/2016), lima planet yang terang itu akan berdiri sejajar dari kiri ke kanan, kelima planet itu masing-masing adalah Merkurius, Venus, Saturnus, Mars dan Jupiter. Hanya Uranus, Neptunus dan Pluto yang tidak bisa disaksikan dengan mata telanjang karena letaknya yang sangat jauh. Umumnya, Neptunus dan Pluto hanya bisa disaksikan melalui teleskop, sementara Uranus hanya sesekali bisa diamati oleh mereka yang memiliki penglihatan tajam di langit yang gelap.

Selain itu, bintang Antares dan Spica juga akan memancarkan kerlipan cahaya terangnya di langit yang sama pada saat itu. Jika dilihat dari sudut pandang global, Jupiter akan muncul pertama kali di langit malam sebelah Timur, kemudian disusul Mars, Saturnus, Venus dan Merkurius pada tengah malam dan keesokan paginya.

Waktu terbaik untuk menyaksikan Merkuri adalah di pagi hari, sementara di belahan bumi selatan, merkuri akan muncul dua jam sebelum matahari terbit. Di antara kelima planet tersebut, Venus merupakan planet yang paling terang di balik latar antara matahari dan bulan, dapat diamati dari arah tenggara.

Melansir laman “EarthSky.org”, terakhir kali kelima planet ini muncul bersamaan pada Januari 2005, tepatnya antara 20 Januari – 20 Februari. Dan diperkirakan pada bulan baru ini juga akan muncul di akhir Januari. Waktu pertama kali munculnya planet tersebut adalah pada 20 Januari pukul 6:50 EST (Waktu Standar Timur). Para ahli mengatakan, meskipun kelima planet ini dapat disaksikan dengan mata telanjang, tapi akan lebih jelas lagi jika menggunakan teleskop.

Selain itu, di laman “U.S. National Weather Service”, Anda bisa melihat kondisi cuaca beberapa hari ke depan, apakah akan berawan atau cerah, untuk memilih tanggal pengamatan masing-masing individu.

Karena pemandangan langka atas benda langit ini terjadi di musim dingin paling dingin tahun ini, jadi ada kabar baik bagi mereka yang tidak ingin berisiko mengamati planet di musim dingin yang menusuk tulang ini. Menurut “EarthSky.org”, kelima planet ini akan muncul di angkasa menjelang malam antara 13 – 19 Agutus 2016. Hanya saja, mungkin kita tidak bisa dengan mudah menyaksikan Merkurius dan Venus pada senja kala, karena itu, pagi hari adalah pilihan waktu terbaik untuk menyaksikan kelima planet ini muncul secara bersamaan meski diterpa angin dingin yang menusuk tulang. (epochtimes/joni/rmat)

 

Share
Tag: Kategori: ASTRONOMI

Video Popular