Ketika membahas tentang makanan anak adalah membahas tentang nafsu makan dari anak-anak yang bisa sangat tak terduga. Ada kalanya, dalam sehari anak Anda sangat menyukai masakan Anda yang disajikan dan hari berikutnya anak Anda sudah tidak berselera terhadap masakan lain,yang Anda sajikan.

Satu jenis makanan tertentu tidak dapat memenuhi setiap anak, karena setiap anak adalah unik, serta mempunyai selera tersendiri dalam dirinya sendiri. Sebagai seorang Ibu, Anda dapat mencoba untuk beberapa kelompok makanan dan memahami kebutuhan serta keinginan anak Anda.

Berikut ada beberapa cara sederhana yang dapat menambah nafsu makan Anak.

Warna

Warna memainkan peranan penting dalam kehidupan kita, khususnya bagi anak-anak. Dan anak –anak akan lebih berselera dan bersemangat untuk makan, jika makanan yang disajikan berwarna-warni.

Nasi putih mungkin dapat membosankan bagi anak, namun nasi yang diwarnai, bisa menjadi makanan lezat. Anda dapat mewarnainya dengan safron, bayam, wortel atau hanya menambahkan sejumput saus tomat di atasnya. Mencampur sedikit potongan sayuran, juga bisa membuat pemandangan yang menarik dan menambah selera makan anak Anda.

Aroma

Dalam menyajikan masakan yang penuh selera bagi anak, tentu aroma yang harum merupakan salah satu faktor yang terpenting. Aroma harum dari masakan, juga dapat mempengaruhi nafsu makan anak, sehingga saat Anda memasak, cobalah untuk meminta anak mencicipi rasa dari masakan Anda. Cara ini dapat mengaktifkan nafsu makan anak, selera anak Anda, sebelum makanan disajikan.

Dan ketika aroma harum telah menarik perhatian anak, kemungkinan besar anak Anda akan merasa gembira serta bersemangat untuk segera makan juga.

Bentuk

Umumnya, roti tawar berbentuk persegi atau persegi panjang, tetapi ketika Anda membuat sandwich dari roti tawar, bentuknya bisa apa saja seperti segitiga, lingkaran, bintang, boneka dan bentuk unik serta lucu lainnya.

Anda bahkan bisa memotongnya seperti donat dengan menggunakan cetakan kue donat. Dan buah melon yang dipotong bentuk dadu, mgkin tidak menarik bagi anak, namun Anda dapat membuat melon bentuk bola yang dapat menarik perhatian anak.

Nama

Meningkatnya nafsu makanan bagi anak-anak berarti ada sesuatu yang menarik dari makanan tersebut. Anda dapat mencoba untuk memberi nama sederhana pada masakan kesukaan anak dengan nama yang mudah diingat anak. Mungkin, Anda akan berpikir, mengapa seorang nenek begitu sukses dalam memberi makan anak-anak kecil? Ini semua karena cerita yang berputar di sekitar makanan, membuatnya terdengar menarik dalam proses membangun kebiasaan makan yang baik pada anak.

Jika seorang anak ingin mencoba makanan jenis yang lain, biarkan dia melakukannya karena itu adalah salah satu cara anak dalam mengembangkan rasa masakan, yang disukainya.(Anai)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular