Keterangan gambar: Ilustrasi PEGIDA (epochtimes.de)

Oleh CNA

Pemimpin gerakan anti Islamisasi Eropa, Minggu (24/1/2016) menyebutkan bahwa masyarakat dari 14 negara Eropa termasuk Ceko, Irlandia, Finlandia, Jerman, Polandia, Slovakia dan Swedia akan menyelenggarakan unjuk rasa bersama pada 6 Februari 2016 mendatang.

Gerakan menolak Islamisasi Eropa ini dirancang oleh organisasi di Jerman PEGIDA (Patriotische Europäer gegen die Islamisierung des Abendlandes atau Patriotik Eropa Menentang Islamisasi Barat). Setelah usai rapat anggota PEGIDA, Tatjana Festerling di Roztoky dekat Praha mengeluarkan pernyataan, “Menolak Islamisasi Eropa adalah tujuan kita bersama”.

Pertemuan di Roztoky diselenggarakan oleh Kelompok penentang Islamisasi yang berada di Ceko, pemimpin mereka Martin Konvicka menyebut bahwa kebijakan migrasi Uni Eropa adalah bodoh dan cenderung bunuh diri.

PEGIDA mulai muncul dengan wajah membenci orang asing di akun Facebook pada bulan Oktober 2014, awalnya hanya menarik minat ratusan orang untuk terlibat dalam protes kepada pemerintah di kota Dresden yang terletak di bagian timur Jerman. Kelompok ini belakangan menjadi semakin besar dan terakhir ada sekitar 25.000 orang yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan unjuk rasa mereka. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular