Erabaru.net. Karena menderita penyakit bawaan berupa delesi atau kehilangan kromosom 6, Olivia Farnsworth, seorang gadis Inggris berusia 7 tahun ini tidak pernah merasakan sakit, lapar atau pun lelah. (Twitter)

Seorang gadis Inggris berusia 7 tahun menderita penyakit aneh, tidak pernah merasakan sakit, lapar ataupun lelah.

Meskipun tidak makan dan tidak tidur selama beberapa hari juga tidak masalah, bahkan ditabrak mobil sekalipun juga tidak merasakan sakit, tidak menangis atau semacamnya, ia pergi begitu saja dengan tenang seolah-olah tidak pernah terjadi sesuatu.

Karena “kelainan bawaan” ini, sehingga oleh ibunya ia diibaratkan seperti “Iron Man” dalam film fiksi.

Karena mengidap chromosome 6 deletion (delesi atau kehilangan kromosom 6), gadis belia bernama Olivia Farnsworth ini tidak bisa merasakan sakit atau lapar, juga tidak perlu tidur.

Namun, justru karena itu, ia tidak akan sadar sekalipun terluka, sama sekali tidak bisa menyadari bahaya apa pun, sehingga sangat rentan terhadap dirinya sendiri.

Menurut penuturan ibunya, Olivia pernah mengalami kecelakaan dimana dirinya ditabrak oleh sebuah mobil dan terseret beberapa meter, namun setelah itu ia tidak menangis sama sekali, ataupun menunjukkan ekspresi sakit maupun mengeluh, justru dengan tenang berjalan ke sisi ibunya, seakan-akan tidak terjadi sesuatu apa pun.

Karena Olivia tidak bisa merasakan lapar, sehingga ia hanya memilih makanan tertentu yang disukainya.

Pernah hanya makan sandwich selai kacang selama sekitar satu tahun lamanya. Ibunya tidak bisa memaksanya untuk makan sesuatu, karena dia tidak pernah merasa lapar

Dan “kekuatan super”Olivia yang ketiga adalah tidak bisa merasa lelah.

Olivia pernah tidak tidur selama tiga hari tiga malam secara berturut-turut, tapi tidak merasa lelah sedikit pun.

Ibunda Olivia sendirian mengurus lima anaknya, sehingga tidak bisa hanya khusus mengurus Olivia yang memiliki kelainan, karena itu terpaksa memberi pil tidur pada Olivia untuk tidur.

Penyakit aneh yang diderita Olivia membuat dokter tak berdaya.

Dokter kemudian memberinya julukan sebagai “gadis bionik”, sementara ibunya berkata sambil tersenyum bahwa Olivia itu terbuat dari baja.

Kelainan kromosom tidak dapat diobati, dan yang bisa dilakukan dokter hanya memperlambat gejalanya, tidak lebih, kata Beverly Searle, peneliti tentang kelainan krmosom.

Diperkirakan ada sekitar 15.000 kasus kelainan kromosom yang dilaporkan dari seluruh dunia, tapi hanya 100 orang yang mengalami deletion atau kehilangan kromosom 6.

Sehubungan dengan apa yang dialami putrinya, ibunda Olivia ingin membangkitkan perhatian publik terhadap gejala kelainan kromosom ini. (Epochtimes/Jhn/Yant)

Share

Video Popular