Erabaru.net. Sebuah penelitian terbaru AS menunjukkan bahwa ketika makan coba hitunglah jumlah saat mengunyah dan telah berapa kali menelan, terus menerus selama satu bulan maka berat badan akan berkurang.

Metode ini tidak perlu menghitung kalori, asalkan saja sewaktu makan tidak menonton TV, tidak mengobrol, berfokuslah pada jumlah hitungan sudah cukup.

Profesor Josh West dari Universitas Brigham Young menyatakan, menghitung jumlah kalori selain kompleks juga memakan waktu, kebanyakan orang enggan menerapkannya, tidak berniat belajar dengan sungguh hati.

Selain Anda harus mengetahui setiap jenis makanan mengandung berapa banyak kalori dan Anda telah melahap berapa gram, juga berapa banyak kalori yang dikonsumsi tubuh Anda setiap hari.

Profesor Josh West dan timnya merekrut 61 pria dan wanita dengan kelebihan berat badan atau obesitas.

Usia mereka berkisar antara 18-65 tahun, juga menunjukkan bahwa mereka memang ingin menurunkan berat badan. Para peneliti menimbang dan mengukur mereka.

Semua makanan atau cairan lain selain air harus dihitung.

Semua relawan setiap kali makan akan mencatat telah berapa kali mengunyah dan setiap kali setelah selesai makan akan melapor angka-angka tersebut kepada para peneliti.

Menurunkan berat badan tidak menyakitkan

Seminggu kemudian, para peneliti membagi mereka menjadi dua kelompok, satu kelompok dengan jumlah mengunyah harian dikurangi 20% (setelah makan 80% dilarang makan lagi), kelompok lain dikurangi 30%.

Empat minggu setelah itu, para relawan melaporkan jumlah kali mengunyah harian mereka dan setiap minggu ke laboratorium menimbang berat badan.

Setelah 4 minggu, peserta dari kedua kelompok penurunan berat badan rata-rata sekitar 4 pound (1,82 kilogram).

Yang menarik adalah terlepas dari jumlah pengunyahan harian para peserta berkurang 20% atau 30%, tetapi jumlah penurunan berat badan mereka hampir sama.

Profesor Josh West mengatakan, hasil penelitian ini menunjukkan, apabila ingin menurunkan berat badan, tetapi merasa menghitung kalori sangat merepotkan, maka metode menghitung jumlah mengunyah itu patut dicoba.

Dirinya sendiri telah mempraktekkan cara ini selama 3 tahun, bahkan berat badan tahap pertama yang diturunkan tidak terlontar naik lagi, juga tidak memengaruhi seleranya dalam menikmati hidangannya, karena selama penghitungan jumlah mengunyah, pikiran terfokus pada makanan.

Ada langkah-langkah yang saling melengkapi

Tentu saja, selain itu Profesor Josh West masih mempunyai langkah-langkah pelengkap, penggunaan metode tersebut tidak berarti Anda boleh sembarangan makan.

Harus memerhatikan untuk makan lebih banyak buah, sayuran dan daging tanpa lemak.

Jika Anda sengaja hanya melahap kue-kue dan manisan, metode itu tidak dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Penelitian berfokus pada mengurangi asupan makanan terbukti efektif untuk menurunkan berat badan, tidak menganjurkan metode kelaparan, tetapi merekomendasikan bahwa orang hanya perlu dalam kebiasaan makan saat ini, melalui penghitungan mengunyah akan makan lebih sedikit.

Selain itu, mengunyah dapat menghasilkan air liur, dan di dalam air liur mengandung zat amilase, yang dapat mengurai karbohidrat, mengunyah dapat dikatakan sebagai langkah pertama dalam proses pencernaan, mengunyah makanan menjadi partikel halus yang lebih kecil, setelah mencapai lambung, asam lambung dan enzim pencernaan dapat sepenuhnya menghasilkan efek maksimum.

Makanan tanpa dikunyah partikelnya besar, supaya lambung efektif mengurai makanan, akan menghasilkan banyak asam lambung untuk mencerna dan akan memakan waktu lebih lama untuk dicerna, maka penyerapan pencernaan relatif lebih banyak dan akan semakin menggemukkan.

Waktu makan

Setelah makan kenyang, bagian otak setelah 10 menit baru akan menerima informasi kenyang, itu sebabnya orang yang cara makannya tergesa dan cepat, karena telah melahap makanan terlalu banyak sehingga menyebabkan kegemukan.

Metode menghitung jumlah mengunyah ini, akan memperpanjang waktu makan, ketika rasa kenyang mulai mencapai otak, makan lebih sedikit dari biasanya tidak akan merasa gelisah atau tidak nyaman, sehingga mencapai tujuan penurunan berat badan. (Hui)

Share

Video Popular