Jika bicara tentang buah-buahan yang berkhasiat untuk menurunkan berat badan, dipastikan pepaya adalah jawabannya, kata ahli gizi. Enzim papain yang terkandung dalam pepaya tidak hanya bisa mengurai protein, karbohidrat, tapi juga bisa mengurai lemak, dengan mengurai lemak dalam tubuh, mengurangi sel-sel lemak, meningkatkan metabolisme, dan mengeluarkan lemak berlebih dari tubuh dengan segera, dapat mencapai tujuan mengurangi lemak, menurunkan lemak darah.

Enzim papain (pepaya) dapat mencerna protein, bermanfaat bagi tubuh dalam mencerna dan menyerap makanan, berkhasiat menguatkan limpa dan mencerna makanan, selain itu juga dapat mencegah carcinogenesis (pembentukan kanker) pada sistem pencernaan. Sementara itu, vitamin C-nya juga berkhasiat menurunkan kolesterol.

Berikut adalah resep dari buah papaya.

Jus pepaya campur tomat dan madu

Siapkan tomat, pepaya dan madu secukupnya, sebelum diolah, cuci bersih dulu tomatnya, kemudian diiris/dipotong ; cuci bersih pepaya, buang kulit berikut bijinya. Setelah itu, masukkan tomat, pepaya ke dalam blender, kemudian tambahkan madu secukupnya, blender samapai halus. Siap dinikmati.

Pepaya kukus gula batu

Siapkan pepaya, cukup setengahnya saja, 1 liter susu, gula batu secukupnya. Buang kulit dan biji pepaya, kemudian diiris atau dipotong kecil. Setelah itu masukkan pepaya, susu, gula batu ke dalam wadah kaca, lalu tutup rapat. Kukus selama sekitar 30 – 60 menit, siap disajikan.

Sup jamur kuping putih campur pepaya

Siapkan setengah buah pepaya, jamur kuping putih 10 gram, wolfberry (goji berry) 5 gram, gula batu secukupnya. Buang kulit dan biji pepaya, potong dadu ; jamur kuping putih direndam hingga mekar, kemudian diiris ; cuci bersih goji berry, masukkan jamur kuping ke dalam panci, tambahkan air secukupnya, masak sekitar 1 jam, kemudian masukkan potongan pepaya, masak lagi sekitar 1 jam, tambahkan goji berry, lalu masak lagi, cukup sebentar saja, lalu tambahkan gula batu, aduk atau biarkan sampai larut, siap disajikan. (Secretchina/Jhn)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular