Cao Bin adalah salah seorang jenderal besar pada Dinasti Song , dia yang mempersatukan Xī Shǔ dan Tang selatan. Meskipun pada saat itu dia adalah jenderal, tetapi sifatnya sangat welas asih.

Ketika Cao Bin menjabat di Xuzhou, ada seorang perajurit kecil melakukan kesalahan, menurut hukum militer akan dihukum cambuk. Cao Bin telah menemukan dia bersalah,t etapi tidak menghukumnya. Oleh sebab itu prajurit kecil ini mengganggap Caobin pemimpin yang lemah, tetap seperti biasa memperlakukan hukum militer sebagai masalah sepele. Setahun kemudian, Cao Bin tiba-tiba memerintahkan menangkap prajurit kecil tersebut, dan dihukum cambuk.

Orang lain bingung melihat perbuatan Cao Bin dan bertanya: ” Kalau memang prajurit kecil kesalahannya tidak dapat diampuni, mengapa setelah menyeret selama setahun baru menghukumnya?” Cao Bin, menjelaskan:”Saya pada saat itu mendengar prajurit ini baru menikah, jika saat itu menghukumnya, maka keluarganya akan mengganggap istrinya tersebut pembawa sial, dia akan dikasari baik secara fisik maupun psikis, jadi saya menunda hukuman tersebut, tetapi bukan karena hal tersebut lalu menghancurkan hukum militer. “

Selama tentara Cao Bin menaklukan Tang Selatan, Raja Tang Selatan adalah Li Yu karena kebodohannya menyebabkan kehancuran negaranya, tentara Song sebenarnya dengan sekali penyerangan dapat menaklukkan Tang Selatan. Tetapi Cao Bin melakukan pengepungan jangka panjang, berulang kali menyuruh pasukannya untuk menunda serangan. Dia berulang kali mengirim utusan membujuk Li Yu: “Situasi saat ini telah demikian kritis, keruntuhan Tang Selatan sudah tidak dapat dipertahankan lagi, tetapi sangat disayangkan banyak orang yang akan kehilangan nyawa, jika Anda dapat menyerah dengan damai dan bersatu dengan Dinasti Song, ini adalah pilihan terbaik”

Ketika kota Nanking sudah hampir ditembus prajurit, Cao Bin tiba-tiba mengatakan dirinya sakit tidak mau keluar untuk memberi perintah, para panglima telah datang untuk mengunjunginya. Cao Bin, mengatakan kepada mereka: “penyakit saya tidak ada obat untuk menyembuhkan, selama kalian dengan tulus bersumpah ketika menembus benteng musuh untuk tidak sembarangan membunuh orang, terutama rakyat biasa apalagi wanita dan anak-anak, maka penyakit saya secara alamiah akan sembuh.”

Para panglima berjanji, bersama-sama bersumpah, dan menegaskan mandat ini kepada para prajurit. Pada hari ketiga benteng musuh telah ditembus, Li Yu menyerah tak berdaya. Seluruh pasukan Song kagum mematuhi perintah Caobin, tidak ada satu prajuritpun yang sembarangan membunuh, sehingga monarki dan seluruh rakyat di kota tersebut dapat selamat.

Pikiran orang jahat dalam rangka untuk memenuhi niat jahat mereka melakukan kejahatan, pada saat itu mereka tidak ingat hukum dunia dan akhirat, setelah kejadian berlalu hati nurani mereka akan merasa ketakutan. Berbeda dengan pikiran orang baik, mereka melakukan perbuatan berdasarkan niat yang baik, memikirkan kepentingan orang lain, mereka tidak akan melakukan hal yang akan disesali dikemudian hari, sering yang muncul di permukaan mereka terlihat lemah dan penakut, pada kenyataannya mereka memiliki kekuatan yang besar.

Dalam rangka untuk memenuhi hal buruk mereka jahat jahat untuk memulai, maka cukup pelanggaran hukum, impunitas, setelah tak berujung pemalu dan takut. Baik berbeda, untuk pikiran yang baik, untuk orang lain, mereka tidak ingin mencari pekerjaan sementara, tidak ingin melakukan apa pun, sering muncul lemah di permukaan, pada kenyataannya, berkemauan keras, kekuatan yang kuat. @

Share
Kategori: Uncategorized

Video Popular