Benarkah Apple akan ikut menggarap perangkat virtual reality (VR) ? CEO Apple Tim Cook hanya samar-samar meresponnya ketika ditanya tentang isu terkait. Beberapa analis meminta pandangan Cook terkait virtual reality yang semakin populer belakangan ini. “Virtual Reality memang benar-benar keren.” Perangkat tidak hanya sebagai Niche Market (segmen pasar yang khusus menyediakan produk dan jasa sejenis), virtual reality memiliki beberapa aplikasi yang menarik, kata Tim Cook, CEO Apple Inc.

Rencana Apple yang ingin ikut meramaikan segmen VR sebenarnya sudah kelihatan sejak lama, sejak beberapa bulan terakhir, kelihatan sekali Apple sangat tertarik dengan penelitian di bidang virtual reality. Lamana Financial Times menyebutkan, bahwa Apple telah merekrut Doug Bowman, seorang profesor sains dan komputer dari Virginia Tech University, Virginia, Amerika Serikat.

Keahlian Bowman terletak pada kemampuannya yang bisa menggarap antarmuka 3D untuk VR dan juga Augmented Reality (AR). Saat ini Bowman sendiri tengah mengembangkan yang namanya wearable display dan full surround display. Apple ingin menyusul pesaingnya yang sudah lebih dulu terjun dalam bidang virtual reality, seperti Facebook, perusahaan holding terbuka baru Google Alphabet, Microsoft, Samsung dan pesaing lainnya. Apple sangat tertarik dengan teknologi pengenalan wajah, augmented reality dan teknologi yang dapat dibenamkan di dunia maya, dan selalu mengakuisisi perusahaan terkait untuk menguasai teknologi tersebut.

Laman media asing menyebutkan, bahwa semakin aktif dalam teknologi virtual reality yang diaplikasikan pada smartphone, menata paten terkait. Selain itu, Apple juga dikabarkan telah membentuk tim penelitian untuk mengembangkan aplikasi augmented reality. Virtual reality atau realitas maya adalah teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi (3-D) sehingga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik.

Produk virtual reality HTCVive yang diluncurkan HTC bersama Valve, sebuah perusahaan game terkemuka, Oculus Rift yang diluncurkan Oculus, sebuah perusahaan dibawah bendera facebook, Gear VR besutan Samsung, Google Cardboard, Sony PlayStation VR dan produk virtual reality lainnya, kini tengah menangkap peluang bisnis pasar global. (Epochtimes/Jhon/asr)

Share

Video Popular