Keterangan gambar: Media Jepang menyebutkan bahwa Korea Utara akan meluncurkan peluru kendali balistik dalam waktu dekat. (foto Apple Daily)

Oleh CNA Seoul

Kyodo News mengutip ucapan dari pejabat Jepang yang tidak disebutkan namanya memberitakan bahwa Korea Utara sedang mempersiapkan percobaan peluncuran peluru kendali balistik mereka. Persiapan dapat diselesaikan dalam waktu seminggu.

Pejabat anonim itu mengungkapkan, seperti gambar yang diperoleh melalui citra satelit bahwa di Tongchang-ri lokasi peluncuran peluru kendali yang terletak di Tepi Barat Korea Utara, kini para pelaku sedang ‘ramai’ melakukan pekerjaan persiapan untuk peluncuran.

Pada saat ini, anggota Dewan Keamanan PBB sedang membahas apakah perlu melipatkangandakan sanksi terhadap Korea Utara karena melakukan uji coba nuklir keempat, pada Rabu (6/1/2016) lalu. Akibat masalah uji coba nuklir dan pengembangan peluru kendali, Korea Utara telah menghadapi sejumlah sanksi internasional.

Korea Utara terakhir melakukan uji coba peluncuran peluru kendali balistik pada akhir 2012. Saat itu mereka berhasil mengantarkan perangkat masuk ke orbit di angkasa. Dengan demikian para ahli dunia terpaksa percaya bahwa Korea Utara memiliki kemampuan untuk meluncurkan rudal balistik antar benua (ICBM, Intercontinental Ballistic Missille).

Korea Utara juga mulai meminiaturisasi hulu ledak nuklir yang dapat dimuat pada rudal jarak jauh. Tetapi banyak ahli mengatakan bahwa untuk mencapai kematangan teknologi itu, Korea Utara masih perlu waktu.

Kyodo News melaporkan, seperti yang dikatakan oleh sumber pemerintah Jepang bahwa Korea Utara setidaknya perlu waktu seminggu untuk mempersiapkan peluncuran kali ini. Selain itu, laporan itu tidak mengungkapkan rincian lain dari analisis citra satelit. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular