Seorang ahli herbal mengajar Li Shizen tentang tanaman lokal. (Kartupos 1988, Tianjin, Tiongkok)

Ketika Li Shizhen lahir, seekor rusa putih memasuki ruangan di mana dia dilahirkan. Sejak masa kanak-kanak, dia berpikir telah ditakdirkan untuk mempelajari suatu hal yang berkaitan dengan keabadian.

Menurut biografinya dalam “Sejarah yang Tak Tercatat pada Masa Dinasti Ming,” Li Shizhen lahir di Qizhou (saat ini Daerah Qichun, Provinsi Hubei). Li hidup dari 1518 – 1593 pada masa Dinasti Ming.

Li Shenzhen sangat gemar membaca dan memiliki banyak pengetahuan karena dia membaca segala macam buku. Li sangat menggemari buku medis dan sangat mampu di bidang pengobat-an, maka dia menggelari dirinya sebagai tabib.

Li Shizhen beranggapan kategori dalam buku herbal China kuno terlalu rumit. Nama-nama tanaman tidak disebutkan dengan baik, dan dia pikir belum semua tanaman herbal didokumentasikan. Oleh karena itu, Shizhen mengabdikan dirinya selama 30 tahun untuk menyusun Bencao Gangmu (Ringkasan Utama Tanaman Herbal), yang melalui tiga revisi dan mencakup informasi dari 800 buku lebih.

Proyek lainnya adalah “Puisi Suo Guan”, “Kasus-Kasus Medis”, “Kunci Menuju Lintasan Energi Internal”, “Diskusi mengenai Lima Organ Tubuh”, “Kesulitan Sanjiaoke”, “Riset Mingmen”, dan “Diskusi tentang Pusi”.

Bertahun-tahun kemudian, Li Shizhen menjuluki dirinya sebagai “Pertapa dari Dekat Danau”. Dia tidak hanya seorang tabib dan ahli herbal yang terkenal tetapi juga seorang yang memiliki kemampuan supernormal, dan bermeditasi setiap malam.

Meskipun Li Shizhen seorang yang ahli di bidang kedokteran dan melakukan latihan untuk mencari keabadian, dia juga memfokuskan dirinya pada Lintasan Delapan Energi Internal. Dia menekankan dalam bukunya “Studi Delapan Lintasan Internal”, yakni delapan lintasan internal energi yang perlu diketahui oleh pencari keabadian dan tabib. Dia berkata bahwa mereka akan mengetahui dunia yang sebenarnya dari profesi mereka jika memahami lintasan delapan energi internal. (Feb)

Share
Tag: Kategori: SAINS SEJARAH

Video Popular