Seorang insinyur penerbangan asal Kanada merilis konsep pesawat hipersonik terkini, dengan kecepatan hingga 24 kali kecepatan suara. Pesawat ini dapat membawa penumpang terbang dari New York dan tiba di London hanya dalam tempo 11 menit, dan hanya 24 menit dari New York ke Shanghai, Tiongkok.

Konsep pesawat sipil yang dirancang insinyur penerbangan Charles Bombadier ini, seperti dilansir laman “Daily Mail” Inggris beberapa waktu lalu hanya menyediakan10 kursi penumpang, dan mampu menempuh jarak 20,000 km dalam waktu satu jam. Antipode, demikian nama pesawat hipersonik yang dirancang sang insinyur Charles Bombadier, pesawat yang mampu terbang dari New York dan tiba di London hanya dalam tempo 11 menit, 12 menit ke Paris, 22 menit ke Tokyo atau Dubai, Timur Tengah, 24 menit ke Shanghai, Tiongkok, dan hanya 26 menit tiba di Sydney, Australia.

Bombadier menuturkan, bahwa konsep pesawat yang dirancangnya ini semaksimal mungkin mencapai batas kecepatan maksimum. Laporan terkait menyebutkan, bahwa insinyur Kanada di perusahaan ImaginActiv ini sebelumnya juga telah merancang konsep pesawat Skreemr yang menarik perhatian publik.

Skreemr bisa mencapai 10 kali kecepatan suara. Pesawat diluncurkan menggunakan sistem meriam rel magnetik untuk melontarkan pesawat ke angkasa dengan kecepatan tinggi. Roket oksigen cair akan menembakkan pesawat untuk naik lebih tinggi ke angkasa dan mencapai Mach 4, kemudian mendorong Skreemr menuju kecepatan maksimum 10 kali kecepatan suara yakni sekitar 12.349 km /jam dengan mesin scramjet.

Hanya saja masih ada beberapa masalah dalam konsep pesawat ini. Utamanya soal dentuman suara sonik di permukaan tanah, dan suhu yang tinggi di moncong dan sayap pesawat saat terbang,”jelas Bombadier. Antipoda dan Skreemr adalah dua konsep pesawat yang tidak sama.

Antipode mampu lepas landas secara langsung dari bandara mana pun karena saat take off menggunakan booster roket yang dipasang pada sayap pesawat. Booster tersebut akan menyediakan tenaga pendorong yang cukup untuk menaikkan pesawat itu hingga 12.200 meter ke udara sebelum memberi dorongan kepada pesawat itu hingga 5 kali kecepatan suara.

Roket itu kemudian akan berpisah dari pesawat dan terbang kembali ke pangkalannya seperti Blue Origin. Mesin antipoda memiliki fungsi counter, sehingga dapat menurunkan suhu dan mengurangi kebisingan. Antipode dapat difungsikan untuk tujuan komersial dan militer, dua pejabat senior dapat berkeliling dunia hanya dalam tempo satu jam. (Epochtimes/Jhon/asr)

Share

Video Popular