American Journal of Psychology pernah menerbitkan sebuah survei bahwa orang yang suka membantu orang lain lebih bahagia dibandingkan dengan orang yang tidak suka membantu. (Fotolia)

Waktu berlalu dengan cepat, dalam sekejap mata tahun pun sudah berganti. Pada 2016, tahun bershio Monyet ini, apa tujuan tahun baru Anda? Apakah Anda ingin membuat beberapa perubahan untuk memperbaiki kehidupan Anda?

Berikut ini 12 macam metode untuk meningkatkan kualitas hidup. Bila Anda menjalankannya dengan benar, niscaya Anda akan menemukan dalam kehidupan akan mengalami perubahan besar.

1. Tuliskan hal-hal yang membuat Anda bersyukur setiap hari: Luangkan waktu untuk berpikir cermat tentang hal-hal dalam kehidupan yang membuat Anda bersyukur, dan menulisnya, dengan berbuat demikian akan mengingatkan diri Anda sudah memiliki banyak hal. Belajar mensyukuri, tidak pelit untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada keluarga, teman, rekan kerja, di dalam hati memiliki rasa bersyukur tidak hanya membuat orang lain bahagia, juga akan membawa kepuasan bagi diri sendiri.

2. Jangan menggosipkan orang lain: Sering berbicara kejelekan orang lain di belakangnya adalah tidak gentleman, dengan berbuat demikian tidak menguntungkan bagi hubungan dengan sesama teman dan kesehatan mental Anda sendiri. Bila Anda ingin mengutarakan komentar yang kurang bersahabat terhadap orang lain, atau berpartisipasi dalam sejumlah pandangan negatif, berhentilah sejenak, alihkanlah ke topik yang relative ringan, atau mengajukan beberapa pertanyaan pribadi yang mudah dijawab oleh pihak lain.

3. Setiap hari menelpon 5 menit teman-teman atau keluarga: Dalam kelompok besar masyarakat saat ini, individu tidak eksis secara tunggal, tetapi seharusnya dengan cara tertentu berinteraksi dengan orang lain. Menelpon adalah cara yang baik untuk berkomunikasi. Anda tidak harus menghabiskan satu jam khusus setiap hari untuk mengobrol dengan orang-orang, hanya 5 menit saja sudah cukup, di sela kerja Anda dapat menelpon teman atau anggota keluarga, hanya sekedar bersapa: “Hai, bagaimana kabarnya?” Dan mendoakan halhal penting yang sedang dikerjakan dapat berhasil diselesaikan. Berbicara beberapa menit dengan orangorang yang Anda sayangi dapat membuat mood Anda membaik dan memulihkan energi Anda.

4. Setiap hari meluangkan waktu membersihkan rumah: Setiap hari hanya membutuhkan lima menit, Anda dapat lakukan menggantung pakaian, membuang sampah, membersihkan meja/laci, menyapu dan menyusun barangbarang ke tempat yang tepat. Lebih mudah setiap hari memberesi kamar dibandingkan dengan seminggu sekali menghabiskan beberapa jam untuk melakukan pekerjaan pembersihan sekaligus. Menjaga lingkungan rumah bersih dan teratur akan membuat orang merasa santai, tenang dan tidak lagi merasakan tekanan dan ketidakstabilan.

5. Mempraktekkan keramahan terhadap diri sendiri: Kebaikan tidak hanya untuk orang lain, tapi juga termasuk sikap terhadap sendiri. Jangan terlalu keras pada diri sendiri, jangan terlalu sering mengotokritik, jika Anda telah melalui hari yang sulit, beri kesempatan untuk merilekskan diri. Jika Anda tidak dapat membuat semua orang puas, ini masih termasuk wajar. Amatilah sendiri kebiasaan, perilaku dan proses berpikir diri sendiri, tanyakanlah apakah Anda sudah cukup ramah kepada diri sendiri. Jika tidak, harus ditemukan penyebab dan waktu kejadian, untuk kemudian cobalah berbuat kebajikan dan toleransi terhadap diri sendiri.

6. Rencanakan untuk pergi ke tempat yang tidak pernah dikunjungi: Meskipun biasanya Anda lebih suka tinggal di rumah, tak ada salahnya sesekali mencoba mengikuti tur, itu selalu adalah hal yang layak. Apakah ke kota terdekat yang belum pernah disinggahi, atau untuk pertama kalinya ke atraksi berkelas dunia, perasaan asing akan membawa vitalitas dan kreativitas baru, perspektif baru, kenangan yang menarik, setidaknya akan membawa kembali sebuah kisah yang menyenangkan.

7. Berolahraga setiap hari: Tiada hari tanpa berolahraga, termasuk jogging, berjalan ke tempat bekerja, bermain tenis, dan bahkan mengatur-ulang furnitur, pastikanlah untuk berkeringat setiap hari. Pertahankan tetap aktif dan tingkatkan sirkulasi darah, olahraga baik untuk kesehatan, sekaligus juga dapat mempertahankan suasana hati Anda.

8. Setiap dua minggu sekali memeriksa laporan bank, bertekad mengurangi pengeluaran tertentu: Dalam kehidupan banyak biaya yang sebenarnya tidak perlu, bertekadlah untuk menguranginya, misalnya, menonaktifkan layanan auto-berlangganan; (bagi ibu-ibu) tidak setiap bulan ke salon perawatan kuku , kurangi berkuliner ria dan sejenisnya. Tidak peduli seberapa kecil pengeluaran itu, dari waktu ke waktu akan bertambah menjadi banyak, uang yang Anda hemat akan sangat membantu kelak.

9. Setiap pagi merapikan tempat tidur: Anda ingin tidur dengan nyenyak, maka harus bersikeras setiap pagi merapikan tempat tidur. Sebuah kamar tidur berantakan pasti akan memengaruhi suasana hati disaat tidur. Merapikan tempat tidur hanya memerlukan waktu kurang dari dua menit, berbuat demikian dapat membuat Anda memulai hari dengan efisiensi tinggi. Dan di malam hari berbaring di tempat tidur yang bersih, niscaya akan meningkatkan kualitas tidur.

10. Senantiasa membawa sebuah buku bacaan: Meletakkan buku di mobil, ransel atau tas. Disaat dalam antrian, menunggu janji, atau menunggu teman, Anda dapat membaca buku sejenak, metode ini lebih baik daripada tanpa berhenti chatting media sosial di ponsel pintar. Fokuskan pada cerita atau topik tertentu, itu lebih baik daripada melompat di ratusan berita sepele yang tak terkait, ini akan membantu menjaga pikiran Anda tenang dan terfokus.

11. Berjalan santai seusai makan: Usahakan setiap hari setelah makan berjalan- jalan sebentar, atau agak lama, yang penting dengan santai. Setelah menyantap sejumlah besar makanan, meskipun hanya 15 menit berjalan kaki juga dapat meningkatkan pencernaan, mendorong metabolisme, dan mencegah rasa pusing setelah makan.

12. Minum segelas besar air setiap pagi setelah bangun tidur: Setiap pagi disaat perut kosong minumlah segelas besar air, itu akan dapat menambah cairan tubuh, mendorong pencernaan peristaltik, mengaktifkan detoksifikasi dan menjaga otak tetap jernih. Metode minum air terdapat banyak versi, baik air panas atau air suhu ruangan, boleh ditambahkan lemon, madu, dan jus buah juga bermanfaat bagi tubuh. (Epochtimes/Hui)

Share

Video Popular