- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Karunia Mujizat Seorang Pejabat Klarikal Pemerintahan Amerika

Keterangan foto: Setelah dibebaskan pada tanggal 8 September, Davis memberikan pernyataan di depan tahanan yang telah menyekapnya. ABC News Amerika memberitakan bahwa setelah dibebaskan Devis akan kembali bekerja, namun tetap menolak menerbitkan akte nikah homosex. Mike Huckabee, kandidat presiden partai Republik Amerika Serikat (sebelah kiri) datang mendukung. Sisi sebelah kanan adalah Mat Staver, pengacara Davis. (internet)

Penulis: Tao Yihui

Undang-undang/ UU suatu negara pada umumnya dibuat untuk menjaga agar moral dasar manusia tidak sampai terpuruk, dimana untuk mempertahankan keamanan beroperasinya masyarakat, dengan demikian standar yang dipakai untuk memberi hukuman atas perilaku kasad mata yang melanggar hukum adalah standar rendah. UU dengan jelas menetapkan hal-hal yang tidak boleh dilakukan. Sebagai contoh adalah terdapatnya perundangan tentang “tidak boleh membunuh manusia,” sedangkan bagaimana menjadi orang baik, penetapan dan pelaksanaannya justru diserahkan pada wilayah moral kepercayaan dan nurani manusia. Siapa sangka “tidak melanggar hati nurani” dan “tidak melanggar Firman Sang Pencipta” dalam masyarakat yang disebut masyarakat hukum justru telah menimbulkan angin puting beliung, belakangan ini Kim Davis di Amerika Serikat justru merupakan tokoh pusat angin puting beliung tersebut, yang telah mengundang perhatian banyak orang.

Telah terjadi konflik antara nurani kepercayaan dan undang-undang dalam masyarakat?

Jabatan Kim Davis sekarang adalah pejabat klarikal Pengadilan Keuangan Rowan County Kentucky AS, pekerjaannya melayani masyarakat mencakup pencatatan harta kekayaan, penerbitan sertifikat, perekaman undang-undang dan penyimpanannya, registrasi pemilihan, memfasilitasi pemilihan, pemungutan kewajiban pajak dan lain-lain. Dia adalah pejabat klarikal melalui pemilihan. Sebelumnya, dia adalah wakil pejabat klarikal selama 27 tahun.

Pada Juni 2015 lalu Pengadilan Tertinggi AS memutuskan untuk mengesahkan pernikahan homosexual, keefektifan undang-undang itu meliputi semua negara bagian di AS. Undang-undang ini bertentangan dengan keyakinan Kim Davis, dia menolak untuk menerbitkan sertifikat pernikahan homosex. Bahkan mengajukan permohonan darurat pada pengadilan tertinggi federal untuk menangguhkan undang-undang pernikahan homosex, namun, pada 31 Agustus permohonannya telah ditolak. Pada 1 September 2015, pengajuan permohonan pencatatan nikah homosex mengalami penolakan oleh Kim Davis. Akte nikah yang diterbitkan di Rowan County semuanya harus ditanda-tangani oleh pejabat klarikal. Dia menolak meletakkan jabatan, mempelajari rancangan lain, mengajukan permohonan untuk dibebaskan dari tanggung jawab menanda-tangani akte nikah homosex.

Semua media massa AS seperti ABC, NBC secara kontinyu banyak memberitakan kasus Kim Davis, CNN, New York Times, People dan TV Kentucky WLKY juga tidak ketinggalan dalam pemberitaan. Pada 3 September 2015, hakim Kentucky wilayah Timur, memutuskan Kim Devis telah meremehkan pengadilan dengan menolak melaksanakan undang-undang penerbitan akte nikah homosex. Apabila tidak mau berubah Kim Davis akan dikenai hukuman kurungan, sampai dia mematuhi undang-undang pemerintah.

Menurut pemberitaan NBC, Kim Davis menyampaikan kepada hakim, “Hukum moralitas dari Sang Pencipta bertentangan dengan tanggung jawab jabatan saya, namun manusia tidak dapat putus hubungan dengan hal-hal yang berada di dalam hati dan rohnya sendiri.” Pada 5 September 2015, Kim Davis dibelenggu tangannya dan meringkuk dalam tahanan. Pendukungnya dalam County dan kelompok kebebasan beragama mendukungnya mencarikan cara berkompromi. Setelah mendekam selama 5 malam dalam tahanan dia dibebaskan.

Davis selalu menyatakan bahwa dia memiliki hak untuk tidak menentang hati nuraninya, Kim Davis yang telah dibebaskan dari tahanan masih tetap mempertahankan hati nuraninya. Dia kembali lagi pada tempat kerjanya semula, namun, tidak termasuk menerbitkan akte nikah. Pengadilan meminta lima orang lainnya yang sekantor dengan Kim Davis, para wakil pejabat klarikal untuk melaksanakan tugas ini, bahkan secara tertulis melarangnya untuk mencampuri penerbitan akte nikah homosex. Sekarang County tersebut telah menghapus satu pasal mengenai tanggung jawab penanda-tangan pengurusan, hanya memunculkan nama Rowan County.

Menurut ABC Amerika dalam pemberitaan Davis menyinggung, belum semua negara bagian di Amerika Serikat menerbitkan akte nikah homosex. Selain Rowan County Kentucky, juga ada negara bagian lain yang belum menerbitkan akte nikah homosex. Sampai saat ini hanya Davis saja yang secara langsung menghadapi badai tersebut. (pur/whs/rmat)

BERSAMBUNG