Keterangan gambar: Ilustrasi Bath Thailand. (internet)

Oleh CNA Bangkok

Departemen Kehakiman Dinas Investigasi Khusus Thailand (DSI) berhasil menangkap satu komplotan pencuci uang dari Malaysia di dalam sebuah hotel berbintang milik Grup MBI Malaysia yang terletak di Songkhla, propinsi bagian selatan Thailand. Menyita 2 kopor berisi uang kertas Dollar AS dan Renminbi yang bernilai total 83 juta Baht (+/- Rp. 32.4 miliar)

Grup MBI Malaysia itu telah menginvestasikan dana hampir 20 miliar Bath di Thailand. Mereka memiliki 6 buah hotel, 2 lokasi resort, 9 buah gedung apartemen dan sejumlah taman hiburan. Pemerintah Thailand kini sedang mengusut kasus pencucian uang komplotan tersebut, yang dicurigai memiliki hubungan langsung dengan kasus pembunuhan terhadap seorang pengusaha terkenal Malaysia 2 bulan lalu di Songkhla karena sengketa pembelian tanah.

Berita tersebut menimbulkan pembahasan luas di kalangan netizen Thailand. ‘Uang sebanyak itu disimpan dalam kamar hotel benar-benar luar biasa. Sangat mungkin berhubungan dengan tindak kejahatan’ demikian salah satu komentar. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular